Tema dan Logo Resmi HUT RI ke-72 2017: Indonesia Kerja Bersama!

1 Aug 2017 - 10:44 WIB

Salah satu hal yang rutin dilakukan oleh pemerintah setiap tahunya, khusus jelang merayakan hari kemerdekaan RI yaitu menentukan dan membuat Tema dan Logo Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Saya sendiri sebenarnya kurang tertarik membahas soal ini, karena terkadang temanya hanya normatif banget dan lebih bersifat ceremonial saja.

Namun menurut saya, tema tahun 2017 ini saya agak tertarik untuk menulis ulang tema tersebut karena menurut saya ini menarik dan memang sewajibnya seperti itu. Tema HUT RI ke-72 2017 yang dimaksud yaitu mengangkat tema berjudul “Indonesia Kerja Bersama”.

Saya akan menulis ulang tema yang sudah ditulis dan dipublikasikan oleh Setneg melalui website resminy di setneg.go.id,

72 Tahun Indonesia Merdeka: Kerja Bersma

Sejak kecil masyarakat Indonesia dididik untuk memiliki kesadaran akan pentingnya menjadi makhluk sosial yang saling hidup berdampingan dan berinteraksi melibatkan individu lainnya.

Gotong royong adalah akar dari kebudayaan kita yang merupakan perwujudan harmoni kebersamaan yang telah menjadi perekat sosial paling efektif tanpa memandang ras, suku dan agama untuk mencapai tujuan yang luhur.

Kebersamaan menjadi tema yang diangkat sebagai semangat pada perayaan 72 tahun Indonesia Merdeka kali ini.

Pendekatan tersebut menjadi esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan.

Melalui semboyan ini pula masyarakat diingatkan untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan untuk menjadi bangsa yang terhormat, bangsa Indonesia.

Kerjasama: Kebersamaan merupakan prinsip dasar masyarakat Indonesia dalam berkehidupan berbangsa.

Gotong-royong: Gotong royong merupakan manifestasi konkrit dari semangat kebersamaan antar-masyarakat dalam bahu-membahu membantu dan tolong-menolong.

 

Konfigurasi Logo

Logo “72 Tahun Indonesia Kerja Bersama” merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. 

Makna Logo

Angka “7” pada logo merupakan simbolisasi dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal tersebut melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.

Letak dan posisi angka “2” pada logo yang terlihat merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan. Bentuk angka “2” juga merepresentasikan bentuk bendera yang terdiri dari dua bagian. 

Slogan: Kerja Bersama

Penggunaan slogan memiliki maksud sebagai berikut:

Kerja Bersama : Menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan memperlihatkan atas kebersamaan dan gotong royong dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Bersama Kerja : Menunjukkan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Nah, disinilah menurut saya yang tertarik untuk saya komentari, terkait dengan slogan Kerja Bersama dan Bersama Kerja.

Menurut saya slogan tersebut sangat pas dan sesuai untuk disampaikan dan dijadikan tema pada HUT RI ke-72 tahun 2017 ini.

Hal tersebut karena saat ini banyak kelompok, partai politik, bahkan perseorangan [personal/individu], di negeri kita yang sedang terpecah belah.

Saat ini banyak individu [personal], organisasi, tokoh politik, partai politik, dan lain-lain yang merasa paling pintar, merasa paling benar sendiri, dan memaksakan kehendaknya sendiri.

Seolah-olah merekalah yang paling hebat, paling pinter, paling benar, dan paling layak dihargai dan didengarkan.

Padahal kalauu saya lihat, mereka justru malah justru hanya sibuk berkoar-koar di depan media, tapi sejatinya dalam kehidupan sehari-hari mereka tak berbuat apa-apa untuk bangsa dan negara.

Lebih celakanya lagi, sudah tidak berbuat dan bekerja untuk perbaikan bangsa, tapi mereka justru malah saling memecah belah rakyat. Caranya bisa dengan membuat pernyataan kontroversial di depan media, agar seolah mereka cerdas dan benar, padahal mereka hanya berbicara dan beretorika di media tanpa berkarya untuk negaranya.

Karena kondisi tersebut, sangatlah cocok jika tema BEKERJA BERSAMA, BERSAMA KERJA menjadi slogan dan tema untuk diangkat dalam perayaan HUT RI ke 72 tahun 2017 ini.

Sudah saatnya siapapun kita yang merasa sebagai Warga negara Indonesia, yang hidup dalam bumi pertiwi NKRI, marilah kita hentikan saling cela, hentikanlah sok pintar, hentikanlah sok merasa benar sendiri, hentikanlah sok paling berjasa, Hentikan itu semuanya!

Marilah kita hentikan semua perilaku buruk tersebut yang hanya merugikan bangsa kita sendiri NKRI!

Lebih baik mari bersatu padu BEKERJA BERSAMA dan BERSAMA KERJA untuk Indonesia!

Tidak ada salahnya saya lampirkan juga nih Video Lagu yang keren banget dari Prajurit TNI ini :-)

 

Struktur Logo

Struktur logo terdiri dari logogram (72 TH) maupun logotype (INDONESIA KERJA BERSAMA).

Dalam pemakaiannya tidak dapat berdiri sendiri antara logogram maupun logotype. Logo tersebut harus dipakai dalam kesatuan yang utuh.

Demi menjaga keterbacaan logo, logo tidak diperbolehkan untuk dipergunakan menggunakan ukuran lebih kecil dari 2 cm.

Area Aman Logo

Setiap penggunaan logo, harus disertai dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo.

Tidak boleh ada elemen grafis ataupun dalam area aman yang telah ditentukan dan disepakati bersama.

Penjelasan lebih lengkap terait LOGO HUT RI ke-72 2017, silahkan download disini.

Merdeka!


TAGS Politik / Tema dan Logo HUT RI ke-72 2017 /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda