Lupakan Kekalahan 4-0 dari Korea Selatan, Fokuslah Kalahkan Malaysia!

6 Nov 2017 - 09:42 WIB

Saya agak kecewa juga saat menonton pertandingan antara Korea Selatan dan Timnas U-19 kemarin [5/11/17].

Dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-19 tersebut, timnas garuda muda harus menerima kekalahan telak 4-0 dari Korea Selatan.

Kalau bicara realitanya, memang wajar saja timnas Garuda Muda menerima kekalahan dari Korea Selatan, karena memang permainan dari tim Korea Selatan memang sungguh sangat tangguh.

Eggy dkk seperti dibuat tak bisa bergerak dan tak diberikan celah untuk bisa beraksi melakukan serangan ke Korea Selatan.

Di babak pertama, garuda muda kalah 1-0, dan itu menurutku sudah bagus. Karena dengan skuad terbaiknya, Korea Selatan justru hanya mampu memasukan satu gol di babak pertama.

Saya berfikir dan berharap, di babak kedua, Indra Sjafri pastinya punya resep khusus untuk bisa mengembalikan keadaan, agar supaya garuda muda mampu mencetak gol, walau satu gol saja.

Namun ternyata, harapan saya salah besar.

Di babak kedua, timnas U-19 Indonesia justru ketambahan gol 3-0, sehingga total menerima kekalahan telak 4-0 dari Korea Selatan.

Sebuah kekalahan telak yang harus kita akui permainan Korea Selatan memang tampil sangat perfect!

Bahkan di babak kedua, penjaga gawang Korea Selatan hanya beberapa kali pegang bola. Hal ini menunjukan betapa sangat rapi pertahanan Korea selatan sekaligus serangan mereka cukup mematikan.

Lupakan Kekalahan dari Korea Selatan

Kekalahan dari Korea selatan memang menyakitkan, namun laga melawan Malaysia hari ini menurutku jauh lebih penting.

Kenapa?

Karena ini soal adu gengsi tiap Indonesia bertemu dengan Malaysia, maka kita harusnya bisa menang!

Mungkin kalau secara substansinya, dalam laga Kualifikasi piala Asia U-19 ini, hasil melawan Malaysia ini nantinya sama sekali tidak akan menentukan apa-apa untuk Indonesia. Karena kalaupun kalah sekalipun dari Malaysia, Indonesia tetap akan lolos ke Piala Asia U-19 dikarenakan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia U-19 2018.

Namun menurut saya, timnas garuda muda tidak boleh bersantai-santai saat menghadapi Malaysia.

Hal ini dikarenakan pertemuan timnas garuda muda berhadapan dengan Malaysia adalah soal gengsi dan “dendam” lama, dimana Indonesia sudah terlalu sering kalah dari Malaysia dan jadi ajang hinaan netizen Malaysia.

Kalau sampai kalah dari Malaysia, maka netizen Malaysia akan dipastikan mengatakan begini,

“Indonesia bisa lolos ke piala Asia U-19 karena tuang rumah!”

Coba anda bayangkan, masa sih dibilang gitu tidak malu dan tidak gengsi?

Semangat inilah yang sudah seharusnya dipegang oleh timnas Garuda U-19 Indonesia, bahwa mereka bisa lolos ke Piala Asia U-19 bukan hanya karena tuan rumah, tapi juga karena memang skill dan kemampuan Timnas Garuda Muda U-19 Indonesia memang layak lolos.

Saya berharap, timnas Garuda U-19 bisa kalahkan Malaysia, sehingga kita bisa gagah bahwa timnas Garuda Muda U-19 Indonesia memang luar biasa!

Amiiiin


TAGS Sepakbola / Olahraga / Indonesia VS Malaysia /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda