Akhirnya KPK Berani Tetapkan Setya Novanto Tersangka Korupsi E-KTP!

18 Jul 2017 - 10:31 WIB

Nama-nama anggota DPR yang sudah sering disebut-sebut dalam dugaan kasus korupsi e-KTP akhirnya secara bertahap mulai ditetapkan sebagai tersangka. Yang terbaru dan cukup mengejutkan yaitu atas ditetapkanya tersangka baru bernama Setya Novanto yang sekarang menjabat sebagai pimpinan DPR.

Sebuah keputusan KPK yang menurut saya termasuk berani, sekaligus membuktikan netralitas KPK dalam menangani kasus korupsi.

Saya katakan berani karena sebelumnya, nama Setya Novanto pernah heboh saat kasus “Papa Minta Saham”, namun kemudian dengan proses yang menurut saya aneh, ini orang akhirnya bisa kembali menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Posisi Setya Novanto yang bukan hanya sebagai ketua DPR RI, melainkan juga menjabat sebagai ketua umum partai Golkar, tapi kemudian KPK tetap berani menetapkan tersangka tentunya patut kita berikan apresiasi.

Saat KPK sudah berani menetapkan seseorang menjadi tersangka, tentunya KPK sudah memiliki bukti permulaan yang kuat atas dugaan korupsi yang dilakukan oleh Setya Novanto.

Namun tentunya, dugaan korupsi e-KTP yang nilai kerugian total lebih dari Rp 2 triliun ini tentunya wajib terus dikembangkan dan dibongkar secara keseluruhan, siapa saja yang terlibat.

Dengan ditetapkanya Setya Novanto sebagai tersangka, saya harapkan juga si Setya Novanto bertaubat dan mengakui kesalahanya jika memang terbukti bersalah, dan seharusnya akan lebih baik jika dirinya juga bisa membantu KPK untuk membongkar siapa saja yang menerima dan terlibat dalam “merampok” uang rakyat yang dikorupsi.

Kita memang tetap harus menghormati proses hukum serta praduga tak bersalah, namun dalam berbagai kesempatan, untuk kasus korupsi yang ditangani KPK sudah banyak yang begitu jadi tersangka, begitu di proses di pengadilan, hampir semuanya memang terbukti melakukan korupsi.

Namun untuk kasus yang satu ini, menurutku pasti akan agak sulit dibongkar, karena kalau banyak pihak mengatakan, jika kasus korupsi e-KTP sepertinya memang diduga dan dicurigai melibatkan banyak pihak khususnya di DPR.

Akan tetapi sebesar apapun keyakinan atas dugaan tersebut, semuanya tidak akan bernilai jika tanpa adanya pembuktian di pengadilan.

Saya juga prediksi, pengungkapan kasus ini akan semakin rumit bahkan mungkin prosesnya akan panjang, apalagi tidak lama lagi isu pilpres yang akan mencuat, sangat mungkin diantara partai politik akan menjadikan isu-isu seperti ini untuk bisa dijadikan isu yang mampu dimanfaatkan sesuai kepentingan masing-masing pihak.

Dengan ditetapkanya Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP, saya pikir para teman-temn Setya Novanto mungkin tidak akan tinggal diam. Apalagi saat ini pansus angket DPR terhadap KPK masih terus berjalan, tentunya akan bisa memberikan pengaruh atas sikap pansus terhadap KPK.

Tapi, apapun peristiwa yang akan terjadi atas ditetapkanya Setya Novanto menjadi tersangka korupsi, saya berharap para koruptor yang masih belum ketahuan apalagi mengaku tapi sudah melakukan korupsi, bertaubatlah semala anda masih percaya TUHAN yang selalu melihat perbutan anda, dan kelak pasti semua perbuatan kalian akan dihukum sesuai perbuatan klian.

Mumpung masih diberikan kesempatan, segeralah bertaubat dan bantulah KPK untuk membongkar siapa saja para koruptor yang terlibat.


TAGS Hukum / Politik /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda