Liburan Murah Meriah di Lereng Lawu: Kebun Teh, Candi, Hingga Curug

5 Jul 2017 - 09:41 WIB

[BACA JUGA TULISAN POPULER LAINYA: Ketika DPR Lebih Mendengar Suara KORUPTOR daripada Suara RAKYAT!]

Saat liburan panjang lebaran, tentunya kebanyakan orang pasti mengisi waktu luang bersama keluarga dengan cara berlibur ke lokasi-lokasi wisata. Saya sendiri juga termasuk diantaranya.

Lebaran tahun ini kebetulan saya mengisi liburan lebaran dengan istri, bapak ibu [mertua], adik, dan keluarga besar istri saya di Solo.

Awalnya saya dna istri memang sudah memiliki rencana untuk mengisi liburan lebaran untuk pergi ke salah satu lokasi wisata di lereng Gunung Lawu Karanganyar, Jawa Tengah. Alasanya selain tidak terlalu jauh, juga dikarenakan udaranya yang sejuk dan suasananya yang nyaman.

Apalagi saat ini kondisi istri saya sedang hamil, jadinya tidak berani berlibur ke lokasi yang terlalu jauh dan panas seperti pantai, karena takutnya bisa melelahkan yang berakibat kurang baik untuk kandungan istri saya.

Awalnya memang saya hanya berencana liburan berduaan dengan istri saya. Namun kebetulan saja, saat lebaran kemarin ada saudara dari keluarga besar istri saya sedang berlibur dan kumpul di Solo, maka kebetulan sekali liburan kali ini sekalian dilakukan bersama-sama.

Apalagi ada keponakan yang ikutan juga, jadinya suasananya makin rame dan seru. Tahu sendiri kalau ada keponakan yang masih kecil, tentunya bisa untuk diajak seru-seruan selama perjalanan maupun saat di lokasi wisata.

Kami memutuskan untuk berlibur bersama keluarga ke arah Lereng Gunung Lawu yang suasananya memang sangat sejuk dan nyaman.

Tadinya, kami punya rencana untuk bisa berkunjung ke kebun teh di Karanganyar, Curug Parangijo, Jumog, Candi Cetho, dan air terjun Tawang Mangu.

Namun karena kondisi isstri saya yng sedang hamil, maka saya memutuskan untuk mengakhiri hanya di dua lokasi saja yaitu ke Kebun Teh dan Curug [Air Terjun] Parangijo.

Namun tenang saja, karena saya sebelumnya juga sudah sering keliling ke hampir semua lokasi wisata di lereng Gunung Lawu Karanganyar, maka dalam tulisan ini saya akan membahasnya satu persatu untuk anda.

 

Kebun Teh Kemuning

Lokasi kebun teh ini berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Ngargoyoso, Kemuning, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Saya kesini sudah berkali-kali dan rasanya tidak bosan, karena suasananya memang sangat sejuk dan nyaman. Saya menyarankan kalau berkunjung ke kebun teh ini kalau bisa pagi-pagi banget, atau sekalian sore. Karena pemandanganya sangat indah dan sejuk.

Masuk lokasi ini GRATIS, dan anda bisa berkeliling ke kebun teh semau anda. Di sekitar loksi juga ada banyak pedagang yang jualan teh asli daerah setempat, dan juga berbagai makanan lainya, termasuk ada juga penjual bakso kuah atau siomay, dll.

 

Air Terjun Parangijo

Lokasi air terjun yang satu ini masih berada di kawasan lereng Gunung Lawu dan tidak jauh dari Kebun Teh Kemuning. Lokasinya di daerah Girimulyo, Ngargoyoso, Girimulyo, Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Air terjun Parangijo memang tidak setinggi air terjun Tawangmangu, tapi suasana disini juga sangat sejuk. Di sekitaran air terjun juga banyak aliran air yang sangat banyak dan bisa dinikmati sepanjang aliran sungai kecil.

Di lokasi air terjun Parangijo ini ada berbagai kuliner khas seperti sate kelinci dan sate landak. Ada juga panggung hiburan, dan fasilitas kolam renang untuk anak-anak, serta flyfox juga tersedia disini.

Tiket masuk saat hari-hari biasa cuma Rp 5 ribu, tapi kemarin saat lebaran, tiketnya sudah naik jadi Rp 7 ribu.

 

Air Terjun Jumog

Tidak jauh dari air terjun Parangijo, ada lagi air terjun yang tidak kalah indah dan menarik yaitu air terjun Jumog. Lokasinya masih di kawasan lereng Gunung Lawu, tepatnya di daerah Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah .

Untuk menjangkaunya cuku mengikuti petunjuk yang selalu ada di sekitar atau bisa tanya kepada warga sekitar dijamin akan menunjukanya dengan sambutan yang ramah.

Karena lokasinya yang berdekatan, maka harga tiketnya sama dengan di Parangijo. Aneka jenis kulinernya juga hampir sama.

 

Candi Sukuh

Untuk menuju ke Candi Sukuh, kita perlu bertanya warga sekitar saat anda di Air terjun Parangijo atau Jumog karena lokasinya yang tidak terlalu jauh.

Candi Sukuh ini meruakan salah satu candi Hindu yang berlokasi di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Banyak juga yang bilang dan meyakini jika Candi Sukuh ini ternyata memiliki bentuk yang nyaris sama dengan Piramida Chichen Itza, Yucatan, Meksiko yang merupakan peninggalan suku Maya.

Kebetulan saja saya juga sudah pernah menuliskan pengalaman saya saat ke Candi Sukuh di tulisan sebelumnya disini

 

Candi Cetho

Lokasi Candi Cetho ini berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya di ketinggian 1496 m di atas permukaan laut, di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Saya kesini sudah dua kali dan memang suasananya snagat sejuk dan agak terpencil di lereng Gunung Lawu. Untuk mencapai lokasi ini anda bisa lakukan dari kawasan kebun teh kemuning terus naik ke atas. Nanti akan ada papan petunjuk arahnya. Kalau anda bingung bisa tanyakan penduduk sekitar yang ramah-ramah.

Sepertinya sudah terlalu panjang tulisanya, saya tahu jika batas kosentrasi membaca seseorang itu ada batasnya sehingga harus saya sudahi dulu. Pada kesempatan yang lain akan saya coba tuliskan kembali.

Semoga dengan referensi yang saya berikan ini, jika anda datang ke Karanganyar, jangan hanya berkunjung ke air terjun Tawangmangu saja. Karena di Lereng Gunung Lawu ada banyak lokasi wisata yang bisa anda kunjungi.


TAGS Traveling / Religi / Wisata di Lereng Gunung Lawu /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda