Hari Raya Idhul Fitri: Log Out Sosial Media, Log In Dunia Nyata!

22 Jun 2017 - 09:49 WIB

Tinggal hitungan hari umat Islam di penjuru dunia akan menyambut datangnya bulan syawal atau hari Raya Idhul Fitri.

Sebagai seorang internet marketing [Google Adsense, Youtuber, Affiliate], hampir setiap hari mata saya selalu tertuju ke layar laptop dan gadget dan terkoneksi dengan dunia maya dan sosial media.

Setiap hari selalu sibuk upload video di youtube, posting tulisan di berbagai blog/web/forum, sosial media, dan lain sebagainya.

[Baca juga: Jangan Boros saat Lebaran, Ingatlah saat Kekurangan dan Kesulitan!]

Bisa dibilang saya sangat jarang sekali berinteraksi dengan dunia nyata di lingkungan sekitar saya. Hal tersebut berlangsung sepanjang hari, minggu, bulan, dan tak terasa sselama setahun begitu seterusnya.

Namun saat momment ramadhan dan lebaran, saya mencoba untuk bisa lebih sering berinteraksi dengan dunia nyata dengan lingkungan sekitar saya, sekaligus mencoba mengurangi untuk aktif di dunia maya daan sosial media.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, saya biasanya saat hari raya Idhul Fitri memang akan fokus dan ingin berkumpul dengan keluarga, apalagi saat ini sudah memiliki istri yang alhamdulillah sedang hamil. Rasanya hampir selalu saya ingin selalu berada di sampingnya.

Rasanya selalu ingin bisa punya banyak waktu memberikan perhatian kepada istri dan anak yang ada dalam rahimnya. Karena alasan itulah saat bulan puasa dan hari raya ingin krangi aktivitas di sosial media dan pekerjaan saya.

Namun ternyata, untuk bisa meninggalkan kebiasaan selalu login di akun sosial media tidaklah mudah. Terkadang, saat saya dan istri sedang asyik berduaan, secara spontan selalu mengambil gadget dan kembali beraktivitas di dunia maya.

Padahal sebenarnya aktivitas saya di sosial media hampir semuanya selalu berurusan hanya terkait dengan pekerjaan saya. Hanya sesekali saja saya aktiv dan menanggapi di beberapa forum dan group, itupun semuanya yang diobrolin tetap terkait pekerjaan saya.

Bahkan di saat saya berduaan dengan istri misalnya makan malam atau saat liburan jalan-jalan sekalipun, tetap saja saya malah disela-sela momment bersama istri sekalipun, tetap saja masih sempat-sempatnya lihat gadget dan lihat-lihat kerjaan.

Memang sungguh sangat sulit untuk meninggalkan sebuah kebiasaan.

Tidak salah jika ada banyak orang motivator bilang bahwa untuk meninggalkan kebiasaan, maka satu-satunya cara memang juga harus dengan kebiasaan pula.


Jadi kalau kita yang sudah terbiasa melakukan kebiasaan aktif di sosial media dan dunia maya, dan kemudian ingin mengubah kebiasaan untuk berinteraksi dengan dunia nyata, maka kita juga harus belajar untuk membiasakan diri untuk berinteraksi dengan dunia nyata.

Saya biasanya melakukan hal tersebut bisa diawali saat bulan puasa.

Dimana saat bulan puasa banyak kesempatan kita untuk mengurangi dunia maya dengan misalnya aktif berjamaah di masjid, ikut tarawih, acara buka bersama dengan warga, dan bisa juga dengan sering melakukan ngabuburit dan jalan-jalan dengan istri tercinta.

Akan lebih mudah lagi sebenarnya saat lebaran tiba.

Sebagaimana kita tahu, biasanya saat lebaran tiba waktu yang paling tepat berinteraksi langsung dengan dunia nata. Hal tersebut bisa diawali dari berinteraksi dengan saudara, tetangga, teman-teman yang sudah mudik. Jadikan momment tersebut untuk lebih mengurangi aktif di sosial media, dan aktiflah berinteraksi di dunia maya dengan saudara, tetangga, teman, dan lainya.

Saya sendiri juga masih belajar untuk bisa melakukan ini, dan semoga saja bisa selalu seimbang dan bisa mengatur waktu, kapan kita fokus kerja dan beraktivitas di dunia maya dan sosial media, dan kapan saat yang tepat untuk berinteraksi dengan dunia nyata, yaitu keluarga, tetangga, teman, dan yang lainya.

Melalui tulisan ini sekaligus saya juga ingin mengucapkan selamat bermudik ria untuk anda yang akan mudik, selalu berhati-hati selama perjalanan, semoga selamat sampai tujuan.

Jelang lebaran ini, yuk kita sama-sama saling mengingatkan untuk mengurangi aktif di sosial media [log out], dan mari kita perbanyak aktif di dunia nyata [log in], dengan perbanyak silaturahmi dan berinteraksi di dunia nyata dengan saudara, kerabat, tetangga, teman, dan yang lainya.

Selamat menanti Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Bathin!


TAGS Hari Raya Idul Fitri / Religi /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda