Jupe Meninggal: Jual Mobil Untuk Bangun Masjid di Papua dan JihadKikir

12 Jun 2017 - 10:26 WIB

Saya mengucapkan ikut berduka atas meninggalnya Julia Perez, semoga semua kesalahanya diampuni dan amal baiknya diterima Alloh S.W.T, dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan ketabahan, Amiin.

Mungkin ada sebagian banyak yang mengingat sosok Jupe dari image dan kesan masing-masing orang pasti berbeda.

Namun sebaiknya, saat seseorang sudah meninggal, jangan pernah ungkit-ungkit lagi keburukanya dan selalu inget-ingatlah kebaikanya.

Sosok Jupe mungkin memang pernah memiliki kesan kontroversi selama karirnya, namun sejak divonis kanker serviks, ada beberapa perubahan yang menurut saya lebih baik.

Salah satu yang saya sendiri pernah mendokumentasikan dalam sebuah tulisan di tahun 2015 yang lalu, yaitu terkait tulisan saya berjudul “Keren! Julia Perez Jual Mobil Mewah untuk Bantu Masjid di Papua!“.

Tulisan tersebut merujuk atas status Jupe di akun instagramnya yang saat itu saya juga munculkan dengan bunyi status juve tersebut sebagai berikut,

“Bantu jupe untuk tidak menjadi orang kikir… Jupe mau wakafpin mobil ini untuk pembangunan masjid di papua…hasil penjualan mau di donasikan.. Minta amin nya.. Dan like.. Untuk kelancaran .. Semua.. #melawankikir #pembuatanmasjid #amin “Jauhilah Syuhh (kikir yang sangat), sesungguhnya syuhh membinasakan orang-orang sebelum kalian. (HR Abu Dawud) #jihatmelawankikir”

 

Dari status Jupe tersebut, saya menangkap dua pesan yang menurut saya juga sangat baik jika kita bisa mengikuti apa yang Jupe lakukan tersebut.

Pesan baik yang pertama, Jupe merelakan mobil mewah yang sudah pasti banyak orang ingin memiliki mobil mewah seperti yang sudah Jupe miliki, namun demi aksi sosial membangun masjid di Papua, Jupe rela menjualnya.

Pesan tersebut mengingatkan kita bahwa, harta yang kita miliki sebanyak apapun tidak mampu bisa kita bawa mati. Namun kebaikan sekecil apapun yang kita lakukan di dunia ini, pasti akan dijamin untuk dibalas oleh Alloh S.W.T dengan sepadan atau bahkan berkali-kali lipat.

Dari apa yang dilakukan Jupe tersebut tentunya kita bisa mendapatkan inspirasi bahwa mengorbankan sesuatu yang kita miliki demi aksi sosial, apalagi untuk membangun masjid, tentunya sebuah amalan yang perlu kita tiru.

Namun tentunya, tidak harus menunggu punya mobil mewah dahulu baru bermal. Tentunya harus diawali dari apa yang kita mampu dan kita miliki saat ini, sebisa mungkin kita harus berani untuk beramal sesuatu yang membawa kebaikan.

Pesan baik yang kedua dari status Jupe diatas adalah bunyi hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dawud yang berbunyi, ““Jauhilah Syuhh (kikir yang sangat), sesungguhnya syuhh membinasakan orang-orang sebelum kalian. (HR Abu Dawud)“.

Pesan dari hadist tersebut menurut saya sangat mengena dan sangat baik jika kita mampu melakukanya.

Karena sifat kikir [syuh] ini memang bisa saja dimiliki oleh setiap orang. Dimana gara-gara sifat inipula banyak orang kaya raya tapi tetap pelit dan kikir. Padahal mungkin saat miskin daahulu, orang tersebut sering berjanji, kalau sudah kaya akan rajin beramal dan menolong dan tidak pelit.

Namun begitu kaya raya, mereka lupa akan janjinya.

Setidaknya dengan dua pesan positif diatas, semoga saja kita bisa mengambil pelajaran dari kebaikan yang sudah Jupe lakukan.

Kalaupun ada keburukan selama hidup Jupe, tentunya keburukan tersebut tidak boleh diikuti dan ditiru, tapi jauhilah keburukan yang dilakukanya dan ikutilah setiap kebaikan yang ernah Jupe lakukan semasa hidupnya.


TAGS Entertainment / Artis / Jupe Meninggal /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda