Hari Laut Sedunia, Negara Kelautan tapi Masih Import Garam!

8 Jun 2017 - 10:41 WIB

Terlalu bosan jika harus terus menerus mengikuti kabar politik dan berbagai “kecerewetan” di sosial media yang ternyata masih tetap banyak saling cela dan sebarkan kebencian walau di bulan puasa.

Di Hari Laut Sedunia yang diperingati tiap tanggal 8 Juni, Kali ini saya ingin sedikit mengalihkan pandangan saya yang lain tentang Indonesia sebagai negara kelautan yang sungguh sangat mempesona indahnya.

Tapi tetap, biar saya tidak dianggap kurang adil dan menutup mata atas adanya beberapa fakta yang memang masih mengecewakan, di bagian akhir saya tetap memberikan saran dan kritik yang membangun untuk kemajuan Indonesia.

Beberapa kali mengunjungi ke daerah-daerah di Indonesia, menunjukan betapa keributan dan kabar buruk tentang Indonesia serasa memang hanya ada di sosial media saja. Pada kenyataanya, Indonesiaku ternyata sangatlah indah dan mempesona.

Jika anda tak percaya, matikan sosial media anda, lalu kunjungilah langsung ke pulau-pulau di Lombok, Bali, Belitung, Kepulauan Anambas, Raja Ampat, dan lainya, anda akan menemukan betapa negara kita sangatlah indah dan mempesona.

Saya ikut bangga tinggal di Indonesia yang dikelilingi ribuan pulau yang sangat banyak dan indah untuk dinikmati pesonanya.

Ya! Negara kita adalah negara yang mayoritasnya adalah air [laut], yang itu artinya Indonesia sudah sewajibnya memaksimalkan potensi laut untuk kita jaga dan kelola hingga akhirnya bisa memberikan keuntungan untuk bangsa kita, Indonesia!

Kita juga bangga karena memiliki Menteri kelautan yang nyentrik tapi kerjanya nyata dan sangat dikagumi ke santero penjuru dunia.

Keberanian menteri Susi Pudjiastuti meledakan dan menenggelamkan kapal-kapal asing yang berani mencuri ikan di wilayah Indonesia tantunya patut kita hargai dan banggakan.

Walaupun terkadang, menurut saya ada beberapa catatan yang itu tetap harus terus dilakukan perbaikan agar negara kita semakin baik lagi.

Maksimalkan Potensi Kekayaan Laut

Saya berharap, potensi laut di negeri ini yang sangat besar ini harus dikelola dengan sebaik-baiknya.

Sebagaimana kita tahu, potensi laut kita sangat banyak, mulai dari minyak, gas, ikan, mutiara, hingga garam, dan potensi menguntungkan lainya ada di laut kita.

Semua potensi itu ahrus terus digali dan dikelola hingga akhirnya bisa mensejahterakan rakyatnya.

Potensi Wisata Laut

Salah satu tujuan wisata yang paling banyak disukai oleh wisatawan [lokal dan mancanegara], laut adalah termasuk tujuan wisata terfavorit.

Saya sendiri juga orang yang sangat suka berkunjung ke pantai, apalagi jika pantainya terawat dengan baik, memiliki fasilitas internet gratis [wifi], bersih, aman, nyaman, dan indah, tentunya akan membuat semua orang menyukainya.

Potensi-potensi wisata ini sewajibnya harus digenjot dan dimaksimalkan.

Saya punya masukan misalnya di setiap lokasi wisata laut di Indonesia, disana ada panggung khusus untuk menjadi pertunjukan adat dan budaya juga seni warga sekitar. Dengan demikian sata orang datang ke suatu pantai, yang ditonton tidak hanya keindahan lautnya saja tapi wisatawan dikenalkan dengan budaya dan keunikan warganya agar dikenal dunia.

Hal tersebut pastinya akan menambah keuntungan untuk warga sekitar, dan tentunya nama baik Indonesia.

Bisa juga menampilkan wisata kuliner di wilayah tersebut yang diciptakan dengan konsep harga yang murah dan terjangkau sehingga semakin banyak orang mau makan di lokasi wisata.

Jangan Import Garam!

Untuk yang satu ini merupakan saran keras saya, yang hingga detik ini rasanya amsih gregetan. Namanya saja negara kelautan, itu artinya mayoritas kita laut yang identik sebagai negara penghasil garam. 

Namun dengan sangat memalukanya, ternyata hanya soal garam, negeri kita masih import garam! Menurut saya, apapun alasanya ini benar-benar memalukan.

Setidaknya itulah beebrapa catatan saya terkait dengan hari Laut Sedunia yang dirayakan tiap tanggal 8 Juni di seluruh dunia.

Semoga saja dengan berbagai kekurangan dan kelebihanya, negera kita Indonesia sebagai negara kelautan bisa menjadi negara yang maju dan sejahterakan rakyatnya.

Amiiin

Selamat Hari Laut Sedunia, 8 Juni 2017!


TAGS Finance / Politik / Hari Laut Sedunia /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda