SAH! Sirkuit MotoGP Indonesia Ada di Lombok, Indah dan Keren Banget!

3 Apr 2017 - 09:37 WIB

Akhirnya setelah ketidakpastian terkait dimanakah lokasi akan dibangunya Sirkuit MotoGP di Indonesia belum jelas,  akhirnya pada hari Minggu tanggal 2 April 2017 saya mendapatkan informasi dari berbagai media nasional yang sudah memastikan bahwa lokasi sirkuit MotoGP di Indonesia akan dibangun di Lombok.

Hal tersebut dengan sudah ditandatanganinya kepastian Lombok sebagai lokasi pembangunan sirkuit MotoGP oleh Presiden Jokowi pada tanggal 2 April 2017.

Saya dahulu sebenarnya memang sangat kurang setuju jika misalnya ajang balapan motoGP digelar di sirkuit sentul.

Pertimbangan saya karena dari segi keindahan dan keuntungan Indonesia kurang maksimal jika diselenggarakan di Sentul.

Dari segi keindahan yang saya maksudkan yaitu terkait pesonanya, dan nilai tambahnya kurang maksimal.

Maksudnya begini, kalau misalnya saya turis dari luar negeri yang ingin nonton motoGP di Sentul, maka paling-paling kita mainya hanya ke lokasi sekitar Bogor, DKI Jakarta saja. Namun jika motoGP diselenggarakan di Lombok, pastinya itu akan memberikan promosi besar-besaran terkait pulau Lombok yang memang potensinya sangat luar biasa indah.

Bahkan Lombok disebut-sebut sebagai Bali kedua karena banyaknya lokasi keindahan pantai. Dengan demikian maka saat nantinya motoGP digelar di Lombok, maka Indonesia memiliki keuntungan dengan mempromosikan keindahan Lombok dan sekitarnya.

Lokasi dibuatnya sirkuit MotoGP di Batam akan dibangun di Pulau yang sangat Indah di Kawasan Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bahkan dari beberapa media yang saya baca, pemerintah saat ini sudah membayarkan uang ganti rugi sebesar Rp 2,8 miliar, untuk pembebasan lahan seluas 63,019 meter persegi di wilayah Batek Bantar.

Hal tersebut dilakukan sekaligus untuk menunjukan keseriusan pemerintah RI untuk membangun sirkuit MotoGP untuk memanjakan penggemar motoGP di Indonesia, sekaligus sebagai upaya promosi negara kita di kancah dunia.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation [ITDC], Abdulbar M Mansoer baru-baru ini melalui konfrensi pers menyatakan jika pihaknya bekerja sama dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd, dan Mrk1 sebagai pihak pengembang sirkuit MotoGP.

Perlu anda ketahui juga bahwa ITDC merupakan salah satu BUMN yang ditugasi oleh pemerintah sebagai BUMN untuk mengembangkan pariwisata Mandalika. Sedangkan dua perusahaan bernama Roadgrip dan Mrk1 merupakan dua perusahaan yang merupakan perancang, pengembang dan sekaligus operator sirkuit balap motor.

Namun sayangnya, saya sudah berkali-kali browsing, namun sayangnya belum bisa menemukan konsep design dan seperti apa bentuk design dari sirkuit motogp di Lombok ini.

Inilah pulau Mandalika yang sangat Indah dan memukau. Jika sirkuit motoGP dibangun di Lombok, maka pulau ini pasti akan ramai dan semakin terkenal - gambar: archcase.comNamun ada yang memberitakan jika konsepnya nanti dibangun di jalan raya. Namun saya masih kurang faham seperti apa konsepnya.

Namun terlepas dari mau seperti apa dan bagaimana konsepnya terkait designya, kita tunggu saja.

Namun setidaknya dengan kabar ini para penggemar motoGP di Indonesia dan di penjuru dunia sudah [akan] tahu jika Indonesia saat ini sedang dibangun sebuah sirkuit untuk ajang MotoGP.

Dengan kepastian ini tentunya diharapkan akan dimaksimalkan oleh Indonesia untuk lebih gencar mempromosikan Indonesia ke penjuru dunia. 

Tentunya ada banyak hal yang bisa dipromosikan Indoensia keapda para penggemar motoGP di penjuru dunia tentang Indonesia, mulai dari wisata, kuliner, budaya, dan berbagai hal yang lainya.

Lokasi sirkuit di Lombok adalah lokasi yang sangat tepat untuk kenalkan keindahan Indonesia di mata dunia! -gambar: archcase.comNamun juga perlu dijadikan catatan juga bahwa saat sudah berni memutuskan membangun sirkuit motoGP di Lombok, maka itu artinya pemerintah wajib benar-benar menyiapkan infrastruktur dan fasilitas yang terbaik di lokasi-lokasi yang nantinya akan jadi lokasi yang dikunjungi oleh penggemar motogp dari penjuru dunia.

Karena jika infrastruktur dan fasilitas tidak dibangun dengan sebaik-baiknya, maka ditakutkan itu bisa berakibat sangat buruk untuk nama baik Indonesia. 

Ibarat sebuah produsen, maka sebelum membuat promosi produk, maka seluruh terkait dengan produk tersebut harus dipastikan kwalitasnya.

Jika nanti wisata, kuliner, infrastruktur jalan, di Lombok dibangun dengan sangat baik, maka sudah pasti mereka yang datang ke Lombok nantinya akan memiliki kesan positif tentang Lombok dan Indonesia.

Namun sebaliknya, jika nantinya segala infrastruktur dan fasilitas kurang baik, maka bukan kesan positif yang kita dapat tapi justru kita bisa terkenal keburukanya.

Hal inilah yang menurut saya wajib bagi semua pihak untuk bersatu memastikan bahwa siapapun nanti yang datang ke Indonesia untuk nonton motogp sekaligus berwisata ke Indoensia, mereka akan menyebarluaskan tentang kebaikan Indonesia, bukan keburukanya!

Berikut ini saya sempat membuat dokumentasi untuk menayangkan keindahan Lombok, khususnya di kawasan Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) yang memang sangat indah dan memukau.


TAGS MotoGP / Sirkuit MotoGP di Indonesia / Sport / Olahraga /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

Tulisan terkait yang banyak dibaca Pengunjung

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda