Ketika Orang Waras Menganiaya Orang Gila!

20 Mar 2017 - 11:08 WIB

Mungkin inilah zaman, dimana terkadang yang tidak masuk akal bisa sering kita lihat di pemberitaan.

Setelah beebrapa waktu lalu kita melihat kasus bunuh diri dengan cara live di facebook, dan hal yang membuat saya sedikit “geli” mendengar dan membaca terkait banyaknya pemberitaan orang gila yang dianiaya oleh warga [yang katanya waras].

Kalau saya lihat ini terkait dengan adanya isu akan adanya penculikan anak yang pelakunya adalah orang yang berpura-pura menjadi orang gila.

Saya mencoba menelusuri kasus ini, ternyata kabar terkait dengan adanya isu penculikan anak yang dilakukan oleh orang yang menyamar sebagai orang gila adalah HOAX!

Saya sendiri sudah menyaksikan langsung klarifikasi tersebut melalui salah satu tayangan ternama “On The Spot” di trans7 beberapa hari lalu.

Dalam tayangan tersebut awalnya diulas dan dikupas tuntas terkait banyaknya penganiayaan terhadap orang-orang gila yang dianggap sebagai seorang penculik anak.

Lalu kemudian pihak on The Spot melakukan klarifikasi kepada pihak kepolisian di masing-masing daerah yang tersebar isu tersebut.

Hasilnya, 100% isu terkait adanya penculikan dengan kedok menyamar sebagai orang gila adalah HOAX.

Walaupun begitu, pihak kepolisian juga tetap menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati atas adanya pihak yang kemudian menjadikan kasus hoax ini menjadi peluang agar dijadikan mereka melakukan penculikan kepada anak-anak.

Yang menurut saya heran dam masih heran dengan sikap masyarakata dalah, walaupun berbagai media bahkan kepolisian sudah berulang menyatakan bahwa isu penculikan dengan berkedok menyamar orang gila adalah HOAX, toh tetap saja masih banyak kasus yang terjadi terkait dengan sikap warga yang melakukan penganiayaan terhadap orang gila yang dicurigai sebagai pelaku penculikan anak.

Yang lebih memilukan lagi menurut saya adalah, isu HOAX ini kemudian sampai menyebabkan adanya korban penganiayaan atas isu tersebut hingga meninggal dunia.

Apa yang terjadi ini menurut saya sudah keterlaluan!

Keterlaluan karena PELAKU dari penganiayaan ini adalah mereka yang katanya sebagai orang-orang yang WARAS, sedangkan si korban penganiayaan justru adalah orang-orang GILA!.

Disinilah saya berfikir, betapa isu HOAX itu memang sudah bukan maslaah yang dianggap SEPELE. Karena bukan masalah sepele, maka pelaku penyebar HOAX perlu ditindak dan dihukum tegas.

Memang sih, masyarakat tetap harus berhati-hati dengan setiap isu, apalagi ini terkait dengan penculikan terhadap anak. Jadi memang warga wajib tetap hati-hgati.

ilustrasiNamun apapun alasanya, melakukan penganiayaan terhadap pelaku yang baru “DIDUGA” dan terlebih tuduhan itu dilakukan kepada Orang GILA, maka itu sungguh sangat keterlaluan.

Bukankah setahu saya, dahulu biasanya orang yang berperilaku kasar dan suka mengamuk itu biasanya orang-orang gila. Kenapa sekarang justru orang-orang waras sampai begitu tega menganiaya orang gila?

Saya jadi ingat kejadian di kampung saya, ada istilah, “Yang WARAS NGALAH”, hal ini untuk menyikapi terkait adanya satu orang yang memang gila, dan terkadang suka ngamuk dan menakuti anak-anak dan warga. 

Bahkana ada rumah warga yang pernah diamuk kaca rumahnya hingga pecah oleh orang gila tersebut. Namun karena warga saya yang jadi korban pengrusakan adalah orang waras, akhirnya dia cuman berujar, “dasar wong edan!” yang kemudian disikapi dengan memakluminya. Singkatnya, namanya juga orang gila, wajar kalau perilakunya begitu.

Tapi dengan melihat banyaknya penganiayaan orang gila yang dilakukan oleh masyarakat yang waras, maka saya sebut ini sebuah sikap kelewatan dan keterlaluan!

Atau boleh dibilang, tidakkah orang-orang yang katanya waras itu lebih gila daripada orang-orang gila, yang sebenarnya hanya mengalami gangguan jiwa tanpa pernah menyakiti dan menganiaya mereka yang waras?

Semoga saja di negeri ini masyarakatnya yang memang benar-benar merasa orang “WARAS” untuk jangan berperilaku sebagaimana orang yang tidak waras, bahkan lebih sadis dan gila!

Kita boleh waspada dan berhati-hati atas setiap isu yang ada, namun jangan sampai kita berperilaku “gila” dengan menganiaya mereka orang yang sedang mengalami gangguan jiwa.


TAGS Sosial /

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda

tulisan-populer

kisah-11-orang-sukses

nenek-tua-sumbang-jutaan-rupiah-untuk-masjid

pendiri-whatsapp-jan-koum

desa-terkaya

tulisan-populer negeri-hutang

ricky-elson

kerja-orang-jerman

negeri-para-petani-tapi-import-produk-pertanian

pria-sukses

10-pemuda-terkaya-di-asia

.:: #9 TULISAN TERKINI ::.