Menikmati Lezatnya Sate Kere Khas Kota Solo

17 Feb 2017 - 14:03 WIB

Tadi buka twitter, kok ada trending #solo272, saya baru ingat juga, ternyata sekarang ini merupakan ultah Kota Solo yang ke-272.

Sudah hampir beberapa bulan ini saya tinggal di Solo, salah satu yang selalu saya nikmati dari sebuah kota, salah satunya sudah tentu kulinernya.

Di Solo ini ada banyak jenis kuliner yang bisa menggoda lidah sekaligus membangkitkan selera makan kita.

Namun dari banyaknya kuliner tersebut, kali ini saya ingin mereview sedikit terkait dengan kuliner “Sate Kere”.

Anda jangan kaget dan terkejut, kalau namanya sate kere. Dalam bahasa Jawa, kata “kere” itu memiliki arti “Miskin”. Jadi Sate Kere kalau dibahasa Indonesiakan jadinya Sate Miskin.

Untuk anda yang belum tahu sate kere, berikut ini saya akan jelaskan sedikit tentang sate kere.

Sate Kere ini merupakan salah satu sate khas Solo yang terbuat dari baham utama tempe gambus. Jika anda belum tahu juga apa itu tempe gambus, tempe gambus merupakan tempe yang terbuat dari sisa atau ampas tahu.

Tidak hanya berbahan ampas tahu saja, Sate Kere ini juga dalam penyajianya disertai juga dengan menggunakan jeroan sapi seperti paru juga usus sapi.

Terkait sambalnya sendiri, Sate Kere disajikan dengan bumbu sambal kacang yang hampir sama dengan sate pada umumnya, namun rasanya sangat jauh berbeda.

Namun jangan salah, walaupun namanya Sate Kere, tapi justru banyak orang yang bilang jika mereka yang suka beli Sate Kere, justru biasanya bukan tergolong miskin. Hal tersebut dikarenakan harga Sate Kere ini tidaklah semurah namanya.

Sate Kere di Samsat Kota Solo - Gambar: koleksi pribadiHarga Sate Kere di Solo hampir rata-rata sama, namun ada juga yang bervariasi antara Rp seribu, Rp 2 ribu - Rp 3 ribu untuk satu tusuknya. 

Agak berbeda dengan saat kita beli sate pada umumnya yang menjualnya dalam bentuk satu porsi [sepaket] dengan harga kisaran Rp 10 ribu untuk sate ayam. Saat kita membeli sate kere, kita dipersilahkan memilih mau berapa tusuk, baru kemudian nanti ditotal sama penjualnya.

Biasanya kalau di Solo itu kadang yang disukai itu Sate Kere Yu Rebi yang ada di daerah Teposanan (belakang Stadion Sriwedari). Hal tersebut karena memang rasanya yang terkenal enak banget.

Bahkan Presiden Jokowi juga pernah mengaku di akun facebooknya jika dirinya memang sangat suka dengan Sate Kere.

Namun kalau saya juga merekomendasikan Sate Kere yang di jual di Kantor Samsat Kota Solo, disana rasa sate kerenya juga tidak kalah nikmat.

Melalui tulisan ini, saya ingin mengucapkan, Selamat hari jadi kota Solo yang ke-272, semoga Kota Solo semakin maju dan wisata kulinernya semakin maknyus!


TAGS Kuliner / Food / Makanan / Resep Makanan / Sate Kere /

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda

tulisan-populer

kisah-11-orang-sukses

nenek-tua-sumbang-jutaan-rupiah-untuk-masjid

pendiri-whatsapp-jan-koum

desa-terkaya

tulisan-populer negeri-hutang

ricky-elson

kerja-orang-jerman

negeri-para-petani-tapi-import-produk-pertanian

pria-sukses

10-pemuda-terkaya-di-asia

.:: #9 TULISAN TERKINI ::.