Timnas Garuda Juara 2 Piala AFF, Aku Tetap Bangga Padamu!

19 Dec 2016 - 11:10 WIB

Sebagai lanjutan dan komitmen saya untuk tetap dukung timnas Garuda Indonesia dari awal, saya tetap bangga karena timnas Garuda sudah berhasil sukses meraih juara kedua di piala AFF 2016.

Saya bangga bukan kemudian saya tidak ingin dianggap memiliki target yang rendah dan mudah berpuas diri dengan hanya jadi juara dua.\

Saya tetap bangga karena saya ini bagian dari Indonesia dan timnas Garuda Indonesia sudah berjuang habis-habisan di Thailand untuk kita semua rakyat Indonesia.

Saya bangga kepada timnas Garuda Indonesia, karena mereka kit satu suara mendukung Indonesia.

Saat orang ribut soal sara, ras, etnis, dan golongan di sosial media, namun saat timnas garuda berlaga, semua satu suara dukung timnas Garuda Indonesia.

Saya juga bangga dengan timnas Garuda Indonesia, walau kondisi negeri kita sedang seperti ini, tapi mereka mampu berjuang hingga meraih juara 2 piala AFF. Padahal kalau kita lihat saat penyisihan, tidak tersingkir di babak penyisihan saja sudah beruntung.

Namun dengan perjuangan timnas garuda Indonesia, akhirnya mereka mampu sampai ke puncak Final, bahkan di leg pertama sempat melibas Thailand 2-1.

Namun saya juga bukan seorang pendukung timnas garuda hanya asal dukung tanpa kritik dan saran untuk mereka.

Jika anda membaca beberapa tulisan disana, saya juga selalu memberikan kritik dan saran untuk timnas Garuda Indonesia.

Termasuk pada sistem permaianan dan strategi yang lebih banyak bertahan daripada menyerang.

Termasuk saat final di leg kedua kemarin, terlihat sekali dan sesuai prediksi saya memang pada akhirnya timnas Garuda justru memilih untuk bermain bertahan.

Akibatnya, timnas Thailand begitu teramatsangat mudah melancarkan serangan demi serangan ke gawang timnas garuda Indonesia.

Pada awalnya memang kita lihat teramat sangat baik pertahanan timnas Garuda karena berkali-kali timnas Thailand selalu gagal membuat gol.

Namun sebagaimana sering diprediksi, sehebat apapun pertahanan, pasti pada akhirnya jebol juga. Akhirnya benar saja, di menit-menit akhir babak pertama, yang dikjhawatirkan terjadi juga sehingga Indonesia kebobolan 1-0.

Awalnya saya pikir di babak kedua akan ada perbaikan karena seharusnya evaluasi dan perbaiki atas babak pertama, namun ternyata masih terkesan sama sehingga akhirnya justru keboloan 1 gol lagi sehingga Indonesia kalah 2-0 yang itu artinya agregat menjadi 3-2 untuk keunggulan Thailand.

Nah, begitu kalah 2-0, baru kemudian saya lihat permainan timnas Garuda mulai menunjukan permainan yang sesungguhnya, mereka berkali-kali menyerang dan mencoba menjebol pertahanan Thailand. Namun hasilnya nol dan menurut saya itu seolah sudah terlambat.

Terlambat karena kenapa itu tidak dilakukan dari awal?

Tapi lagi-lagi ini semua sudah terjadi sehingga memang tak perlu untuk berlarut-larut disesali.

Yang seharusnya timnas garuda lakukan bahwa ini harus dijadikan evaluasi besar-besaran bahwa timnas Garuda Indonesia harus berbenah untuk perbaiki diri.

Dan untuk kepada rakyat Indonesia, apapun kondisi timnas garuda kita, sudah sewajibnya kita tetap berikan dukungan moril kepada mereka yang sudah berjuang yang terbaik untuk kita.

Kalaupun tahun ini masih gagal rebut juara pertama, tahun-tahun berikutnya harus bisa kita rebut gelar juara!

Dan persiapanya harus dimulai dari hari ini dan detik ini juga agar tahun-tahun berikutnya timnas Garuda benar-benar jadi juara!


TAGS Sepakbola / Juara Piala AFF /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda