Malu Terlihat Miskin Tapi Tak Malu Ketika Pura-Pura Jadi Orang Kaya?

21 Nov 2016 - 09:25 WIB

Jangan Malu Terlihat Miskin Tapi Malu-lah Ketika Kita Pura-Pura Jadi Orang Kaya

Menjadi orang yang kaya, pastilah impian setiap dari kita [termasuk saya]. Sehingga tidak heran setiap hari kita bekerja keras dan berusaha dalam hidup ini, salah satu tujuanya adalah supaya kita bisa menjadi orang kaya dan sukses.

Dalam sebuah kasus diskusi, banyak orang dengan polesan kata-kata bijak bisa saja mereka berkata, “hidup di dunia ini janganlah hanya mengejar kekayaan saja, karena kekayaan sejati adanya ada di hati”.

Ada juga pepatah dan nasihat bijak lain misalnya, “jangan menilai kebahagiaan dan kesuksesan hanya dari materi saja”, atau kata-kata bijak lain yang terkesan supaya kita itu sebagai manusia jangan selalu menilai apapun dari kekayaan seseorang.

Menurut saya dari berbagai kalimat itu dan dari banyaknya orang yang menyatakan nasihat itu, saya pernah tanyakan ke mereka yang pernah mengeluarkan kata-kata bijak tersebut diatas dengan pertanyaan begini,

“Okelah apapun pendapat anda tentang itu, saya tanya, anda ingin jadi orang kaya atau orang miskin?”

Hampir pasti yang saya tanyakan itu, semuanya menjawab “INGIN KAYA!”

Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa sudah menjadi semacam “NALURI/HASRAT/IMPIAN” bahwa setiap orang sebenarnya ingin kaya.

Dana saya juga termasuk orang yang tidak melarang apalagi menyalahkan orang supaya bisa menjadi orang kaya, karena saya sendiri juga memiliki keinginan yang sama.

Namun perlu dicatat bahwa akan jadi masalah jika kita belum termasuk menjadi orang yang kaya [secara materi], namun kemudian sok-sok-an ingin terlihat seperti orang kaya.

Dan menurut saya ini banyak sekali kita lihat di sekitar kita. Bahkan kalau kita mau jujur kepada diri kita masing-masing, kita mungkin pernah memiliki sifat-sifat itu [biar terlihat kaya].

ilustrasi: moneyconnexion.comMisalnya kita bisa lihat anak-anak SMA yang kadang suka dibela-belain orang tuanya kredit motor sport atau yang bagus dan mahal, agar supaya terlihat kaya, padahal orang tuanya hanyalah orang biasa.

Adapula misalnya mahasiswa yang saat kuliah minta dibelikan mobil orang tua [walau kredit] gak masalah yang penting saat ke kampus bisa terlihat kaya.

Mungkin juga untuk beberapa pegawai, karyawan, atau PNS atau profesi lain yang karena ingin kaya mereka membeli ini dan itu, yang semuanya bermula dari keinginan supaya terlihat kaya. Walaupun barang-barangnya kredit semua tidak maslaah yang penting bisa terlihat kaya.

Saya tidak bermaksud terlalu ingin ikut campur atas prinsip orang-orang yang seperti ini, namun terkadang saya suka kasihan saja ketika melihat dibalik itu semua pada akhirnya menimbulkan “PENDERITAAN” bathin tersendiri.

Misalnya hanya karena ingin terlihat kaya, orang yang gajinya hanya pas-pasan sudah berani kredit mobil, akhirnya tiap bulan pusing pikirin cicilan bayar mobil dan seterusnya.

Lebih mengerikan lagi jika karena tak sabar hidup miskin [serba kekurangan], kemudian menghalalkan segala cara agar bisa menjadi orang kaya.

Hal itu mudah kita temukan di sekitar kita bagaimana kemudian orang beramai-ramai berperilaku KORUP dalam bekerja untuk supaya mereka bisa terlihat kaya.

Alangkah damai dan tenangnya jika kita hidup dengan mensyukuri apa yang sudah kita miliki, namun bukan berarti kita tidak memiliki tujuan hidup supaya kita bisa kaya.

Hiduplah dengan menikmati dan mensyukuri apa yang mampu kita beli sesuai dengan kemampuan kita, lalu terus bekerja keras dengan cara yang halal, maka semoga saja anda bisa jadi orang kaya.

Dan jika kekayaan didapat dengan cara yang baik, insyaalloh kekayaan yang kita miliki juga bisa kita kelola dengan baik, yang semoga saja dari kekayaan tersebut bisa memberikan mafaat untuk diri kita, keluarga, dan orang lain yang membutuhkan.

So, Janganlah Malu jika kita Terlihat Miskin, Tapi Malu-lah Ketika Kita Pura-Pura Jadi Orang Kaya.


TAGS Finance / Sosial /

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda

tulisan-populer

kisah-11-orang-sukses

nenek-tua-sumbang-jutaan-rupiah-untuk-masjid

pendiri-whatsapp-jan-koum

desa-terkaya

tulisan-populer negeri-hutang

ricky-elson

kerja-orang-jerman

negeri-para-petani-tapi-import-produk-pertanian

pria-sukses

10-pemuda-terkaya-di-asia

.:: #9 TULISAN TERKINI ::.