Dengan Ada Internet, Alasan Sulit Cari Kerja Hanyalah untuk Pemalas!

27 Oct 2016 - 09:03 WIB

Saya terkadang masih suka heran jika masih ada yang bilang mencari pekerjaan itu sangat sulit.

Saya pikir kita harus menggugurkan “sugesti” yang seperti itu di tengah semakin bergemuruhnya kemajuan teknologi informasi bernama internet.

Melalui tulisan ini saya tegaskan juga bahwa bukan berarti mencari duit dari internet itu mudah, semudah membalikan telapak tangan, tentu saja tidak begitu maksudnya.

Saya hanya ikut prihatin saja saat melihat atau bertemu dengan anak-anak muda yang ternyata masih memiliki fisik utuh dan sehat, tapi tiap ngomongin soal pekerjaan, mereka selalu bilang jika mencari pekerjaan sekarang ini semakin sulit.

Sebelum saya lanjut, kita harus membuat kesepakatan lebih dahulu tentang apa yang anda maksud pekerjaan?

Ini penting karena nanti terkait dengan pemahaman anda dalam membaca tulisan saya ini.

Jika pekerjaan yang dimaksudkan adalah mencari pekerjaan seperti jaman dahulu [saat belum ada internet], yang intinya cari pekerjaan di kantor, di pabrik, atau perusahaan, maka sangat mungkin pendapat bahwa mencari pekerjaan itu semakin sulit, mungkin ada benarnya.

Kenapa?

Karena memang alasanya saat ini dengan adanya internet dan teknologi, tenaga manusia otomatis semakin berkurang.

Contoh misalnya, perusahaan yang membutuhkan tenaga produksi pada jaman dahulu, sekarang sudah banyak yang lebih memilih beli mesin [robot] daripada harus merekrut karyawan.

Alasanya selain mesin lebih canggih dan bisa lebih banyak menghasilkan produksi barang, mesin tidak akan mungkin banyak protes apalagi berdemo seperti manusia.

Dan saya pikir jika kita bicarakan hal ini, jangan salahkan pengusaha yang kemudian lebih memilih tenaga mesin daripada manusia. Ini semua adalah hukum alam, dimana semakin canggih peradaban, maka yang lain juga akan ikut berubah.

Anda tentunya ingat dengan pepatah, “di dunia ini tidak ada yang abadi dan selalu berubah, kecuali perubahan itu sendiri yang akan abadi”.

Itu artinya, jika dalam pemahaman kita bahwa yang dimaksud dengan pekerjaan diartikan harus cari kerja di perusahaan, kantor, instansi, dan sejenisnya, maka saya pastikan itu jelas memang semakin sulit.

Hal tersebut secara garis besar dikarenakan PENINGKATAN jumlah PERUSAHAAN selalu lebih kecil dari jumlah PENCARI KERJA.

Jadi selama kondisinya seperti itu, maka mencari pekerjaan di perusahaan, di kantor, di pabrik sebagaimana pemahaman pekerjaan diatas akan semakin sulit.

Tapi,

Jika anda sepakat dengan pemahaman saya, bahwa pekerjaan adalah pekerjaan apapun selama halal dan menghasilkan serta memberikan keuntungan dan penghasilan, maka jumlahnya masih buanyaaak.

Karena saya bukan pakar bisnis dan ekonomi, disini saya hanya ingin berbicara dari sudut pandang saya sendiri yang memang setiap hari berkecimpung dalam dunia internet.

Karena penghasilan utama saya semuanya juga memang saya dapatkan dari internet.

Dengan adanya internet, maka semuanya bisa semakin terbuka lebar peluang pekerjaan.

Pertama, jika anda bilang pekerjaan itu sulit, silahkan anda bisa googling cara mendapatkan uang dari internet, caranya sudah dikupas tuntas oleh teman-teman internet marketing.

ilustrasi: YourStor.comSaya juga termasuk malas kalau untuk meladeni orang-orang yang PEMALAS yang tidak mau berusaha sendiri untuk mendapatkan pekerjaan.

Saya contohkan, kalau ingin cari kerjaan di internet, anda bisa melalui blog, youtube, jadi reseller, bikin logo, penulis bebas, terjemah, desaign, toko online, dan berbagai pekerjaan lain yang semuanya bisa anda dapatkan dari internet. 

Bahkan jika anda sukanya hanya main game sekalipun, anda bisa dapatkan pekerjaan dengan menjadi youtuber, dan banyak algi yang lain. Caranya? Googling saja anda akan banyak temukan petunjuk dan cara-caranya.

Tinggal anda mau berusaha atau hanya ingin terus memanjakan diri dengan rasa malas dan gengsi?

Tulisan ini dibuat memang tidak bertujuan untuk memberikan bagaimana caranya. Karena jika anda mau saja googling, maka caranya sudah teramat sangat banyak di internet.

Permasalahanya anda mau atau tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu?

Dan rata-rata kebanyakan orang yang bilang cari kerja itu sulit, memang biasanya karena mereka sendiri yang biasanya terlalu “pilah-pilih” dalam mencari pekerjaan. Namun dari semuanya, kebanyakan adalah dikarenakan karena adanya sifat MALAS dan GENGSI dalam diri mereka.

Selama rasa MALAS dan GENGSI sudah mengakar, maka selama itupula secanggih apapun kemajuan zaman, maka pekerjaan akan anda anggap sulit terus untuk anda dapatkan!.


TAGS Teknologi / Finance / Sosial /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda