5 Buah Penurun Kolesterol yang Sangat Lezat dan Nikmat

28 Sep 2016 - 11:12 WIB

Buat anda yang memiliki berat badan tambun dan terlalu banyak kolesterol, mungkin seandainya disuruh memilih do’a yangsemoga cepat terkabul adalah supaya kolesterol anda turun.

Karena saya sendiri yang memiliki berat badan 65 kg dengan tinggi badan 170 cm saja kadang sudah suka merasa takut, jangan-jangan koleterol saya naik terus dan tinggi.

Sebelum saya bicara terkait dengan 5 buah penurun kolesterol sebagaimana judul diatas, mari kita fahami lebih dahulu apa itu kolesterol.

Saya kutipkan sedikit terkait dengan penjelasan singkat mengenai koleterol ini dari wikipedia.

Dalam tulisan yang dimuat di wikipedia disebutkan bahwa kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid), yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya.

Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lain termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Saat tentang membuat sebuah molekul dari pengubahan molekul yang lebih mudah, para ilmuwan menyebutnya sintesis.

Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah.

Kolesterol dapat dibuat secara sintetik. Kolesterol sintetik saat ini mulai diterapkan dalam teknologi layar lebar (billboard) sebagai alternatif LCD.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk mengghindari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh.

Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang dapat melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160–200 mg.

Oke, saya pikir segitu aja yah bicara terkait dengan kolesterol, untuk lebih lengkapnya bisa anda baca di wikipedia atau sumber lainya.

Dari penjelasan singkat diatas bisa difahami bahwa semakin tinggi kadar koleterol dalam tubuh kita, maka bisa memunculkan dan menjadi pemicu adanya penyakit dalam tubuh kita.

Untuk mengatasinya dan supaya kadar kolesterol dalam tubuh kita tidak terlalu tinggi, maka solusinya bisa rajin berolah raga dan pola makan yang sehat.

Nah, bicara pola makan sehat, untuk anda yang ingin makan makanan yang lezat dan nikmat tapi ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, maka 5 buah ini bisa jadi solusinya.

Berikut ini merupakan 5 Buah Penurun Kolesterol yang memiliki rasa yang sangat Lezat dan Nikmat.

5 Buah Penurun Kolesterol yang Sangat Lezat dan Nikmat

#1. Anggur Merah

Anggur merah dianggap menjadi salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin menurunkan kolesterol. Buah ini dianggap sebagai salah satu jenis anggur yang paling terkenal dan fenomenal keberadaannya.

Anggur merah sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis anggur lainnya seperti anggur hijau namun karena warnanya yang cantik ini membuatnya banyak digunakan di berbagai jenis makanan terutama makanan penutup sebagai hiasan. Padahal tidak hanya untuk hiasan saja, anggur merah ternyata sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol.

 

#2. Apokat

Buah Apokat (KBBI: Avokad), avokad, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia. Buah ini terbukti mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

 

#3. Strawberry

Strawberry/Stroberi atau tepatnya stroberi kebun (juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei) adalah sebuah varietas stroberi yang paling banyak dikenal di dunia.

Secara umum buah ini bukanlah buah, melainkan buah palsu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tapi dari bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkok tempat ovari tanaman itu berada. Namun apapun itu, yang terpenting buah yang satu ini sudah terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol.

 

#4. Jeruk

Buah yang satu ini sangatlah disukai banyak orang di Indonesia. Termasuk bagi mereka yang ingin menurunkan kolesterol, buah ini bisa dijadikan pilihanya. Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies (’interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. 

 

#5. Apel

Buah apel ternyata selain karena memiliki rasa yang nikmat juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Namun anda tetap harus pandai memilah dan memilih untuk tetap memilih buah apel yang masih segar.

Sebenarnya masih banyak buah-buahan dan makanan yang mampu menurunkan kolesterol. Namun buah-buahan tersebut hanyalah sebagian kecil saja. Rajin berolah raga, pola makan yang sehat dan tidak berlebihan merupakan salah satu penentu dari sebuah kesehatan dalam tubuh kita.


TAGS Kesehatan / Manfaat Buah / Health / Healthy /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda