Melihat Yogyakarta dari Sisi Baiknya!

2 Sep 2016 - 08:38 WIB

Apakah ada diantara pembaca tulisan ini yang belum pernah tinggal [berkunjung] ke Yogyakarta?

Jika jawaban anda belum, maka saya ingin mengajak dan menyarankan anda untuk wajib sempatkan untuk datang ke Yogyakarta.

Sejak 2003 yang lalu merupakan awal saya menginjakan kaki saya di Yogyakarta. Mungkin hampir sama dengan kebanyakan orang yang berasal dari luar Yogyakarta, dimana orang luar Yogyakarta datang ke Jogja biasanya karena kunjungan wisata dan kuliah. Saya sendiri termasuk dalam kelompok yang kedua [kuliah].

Selain untuk berwisata dan kuliah, mereka yang datang ke Yogyakarta sebagian karena urusan kerjaan atau alasan lainya.

Kesan saat datang ke Yogyakarta sangatlah biasa, tidak ada gedung dan bangunan tinggi [berbintang] di Yogyakarta seperti kota besar Jakarta, Surabaya, dan lainya.

Namun memang ada banyak hal yang hingga detik ini saya harus katakan jika Jogjakarta memang sangat Istimewa.

Secara pribadi jujur saja saya sendiri sangat sulit menjelaskan kenapa Yogyakarta bisa begitu terasa Istimewa. 

Kalau bicara karena banyak cagar budayanya, saya pikir di Indonesia bukan hanya Ygyakarta saja yang memiliki banyak cagar budaya.

Jika karena keramahtamahan warganya, saya pikir bukan hanya Yogyakarta yang memiliki masyarakat yang ramah kepada pendatang.

Jika karena banyak pelajar dan mahasiswanya [kota pendidikan], semua kita tahu bahwa Yogyakarta bukanlah satu-satunya kota pendidikan di Indonesia.

Jika karena kebersihan dan kerapian tata kotanya, Yogyakarta juga bukan satu-satunya tempat yang terlihat rapi dan bersih di Indonesia.

Jika Yogyakarta disebut Istimewa karena adanya orang istimewa dalam hidup saya, maka Istri saya sendiri justru bukan orang Yogyakarta [Curcol :-) ].

Singkatnya, saya sendiri jika ditanya darimana Yogyakarta bisa dibilang Istimewa? Maka saya akan bingung menjawabnya.

Namun terkadang jika masih terus ditanya, maka saya cukup bilang, Yogyakarta Istimewa karena aura dan suasananya yang selalu mmebuat sya nyaman saat berada di Yogyakarta.

Padahal saat ini boleh dibilang banyak yang sudah menilai jika Yogyakarta sudah tidak lagi senyaman dahulu. Yogyakarta saat ini ada yang mengatakan sudah banyak kemacetan, terlalu banyak hotel, kriminalitas, dan sisi buruk lainya.

Namun disini saya tetap menilai dan merasakan, jika dibandingkan dengan kota-kota besar yang pernah saya kunjungi di Indonesia, maka Yogyakarta tetaplah yang paling Istimewa.

Tulisan ini tentunya memang sangat tidak saya tujukan untuk anda yang punya kesan atau peristiwa buruk saat di Yogyakarta. Karena saya sendiri menyampaikan ini sebagaimana judul hanya ingin melihat Yogyakarta dari sisi baiknya.

#Kota Wisata

Candi Prambanan: gambar-koleksi pribadiSalah satu hal yang kadang membuat saya masih heran, kenapa hampir banyak orang sering “tertipu”, jika lokasi wisata candi Borobudur ada di Yogyakarta?

Saya tegaskan disini bahwa Borobudur itu lokasinya ada di Magelang Jawa Tengah. Namun anehnya banyak orang berfikir jika Candi Borobudur ada di Yogyakarta.

Jika di lokasi kota Yogyakarta sendiri, sebenarnya wisatanya sangatlah sedikit, hampir rata-rata lokasi wisata yanga anda anggap di Yogyakarta sebenarnya bukan di kota Yogyakarta.

Misalnya pantai Prangtritis, lokasinya masuk Kabupaten Bantul yang memang Bantul sendiri masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta [DIY].

Begitu juga dengan lokasi wisata pantai-pantai eksotis di Gunungkidul yang anda anggap itu Yogyakarta, maka itu berlokasi di Kabupaten Gunungkidul yang memang masuk wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta [DIY].

Wisata di Indonesia super lengkap, dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata pendidikan, wisata budaya, dan banyak lagi lainya.

 

#Kota Pendidikan

UGM adalah perpustakaan terbaik di Indonesia - Gambar: ugm.ac.idSebutan Yogyakarta sebagai kota pendidikan sepertinya sudah sulit untuk dihapuskan. Padahal saat ini ada pendapat jika Malang, Jakarta, Solo, Surabaya dan kota-kota lainya juga memiliki fasilitas penunjang pendidikan yang layak juga disebut sebagai kota pendidikan. Namun tentunya Yogyakarta sudah lebih dahulu mendapatkan sebutan sebagai kota Pendidikan di Indonesia.

Mungkin karena di Yogyakarta yang memiliki ratusan perguruan Tinggi dan jumlah sekolah serta prestasi-prestasinya dalam hal pendidikan menjadikan julukan kota pendidikan sangat melekat dengan kota Yogyakarta.

 

#Kota Sejarah

Sebagai salah satu kota yang pernah dijadikan sebagai Ibu Kota negara Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak sekali lokasi-lokasi bersejarah mulai dari Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kerajaan, dan berbagai lokasi bersejarah lainya.

Saya pikir terlalu pendek dan singkat jika harus mengupas keistimewaan Yogyakarta dari satu tulisan ini.

Namun yang jelas, setidaknya keistimewaan Yogyakarta jangan hanya artikan hanya ada di wilayah Kota Yogyakartanya saja.

Jadi kalau ada sebutan Yogyakarta Kota wisata, kota pendidikan, Kota sejarah, dan lainya, maka kalau saya pikir lebih tepatnya bukan kota Yogyakartanya saja, melainkan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta [DIY] yang meliputi Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo serta Kota Yogyakarta.

Jika anda ingin tahu keistimewaan Yogyakarta, silahkan anda datang dan tinggalah di Yogyakarta agar anda bisa merasakan jika Yogyakarta itu memang Istimewa!

Sebagai penutup, silahkan dengarkan lagu berikut ya :-)


TAGS Yogyakarta / Wisata /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda