4 Penyakit yang Mudah Menyerang saat Berpuasa dan Solusinya

7 Jun 2016 - 09:16 WIB

4 Penyakit yang Mudah Menyerang saat Berpuasa dan Solusinya.

Secara garis besar, dalam dunia kedokteran dan kesehatan, dengan berpuasa sebenarnya membuat tubuh kita sehat.

Hal tersebut dikarenakan saat berpuasa kerja tubuh khususnya pada alat pencernaan melakukan sedikit penurunan dibandingkan saat tidak berpuasa.

Namun terkadang tetap saja ada beberapa orang yang saat berpuasa tetap mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Namun perlu dicatat bahwa hal ini bukan dikarenakan akibat orang berpuasa melainkan adanya orang yang saat berpuasa tidak menyesuaikan dan terlalu berlebihan saat sahur dan berbuka puasa.

Bahkan ada juga yang mereka selama berpuasa terkadang terlalu banyak kekurangan asupan gizi dan makanan tertentu yang seharusnya memang harus selalu dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Nah, untuk mereka yang sedang berpuasa, ada baiknya anda perhatikan berbagai ctatan-catatan jenis penyakit berikut ini yang mampu menganggu puasa anda.

Berikut ini merupakan 4 Penyakit yang Mudah Menyerang saat Berpuasa dan Solusinya.

#1. Penyakit Maag

ilustrasi gambar: agaricproori.comSaat puasa, salah satu penyakit yang mudah dan sering menyerang kita biasanya adalah penyakit maag. Penyakit maag ini sendiri terjadi disebabkan karena adanya gangguan pada asam lambung kita yang diakibatkan tidak adanya konsumsi makanan hingga 14 jam. Tanda-tanda dan gejala terjadinya penyakit maag biasanya ditandai dengan rasa mual, sakit pada ulu hati, hingga rasa pusing.

Solusi

Agar saat puasa kita tidak terkena penyakit maag, solusi pencegahanya yaitu dengan cara lebih banyak konsumsi makanan-makanan yang mengandung serat pada saat kita sahur. Dengan cara tersebut bisa membuat pengosongan lambung dalam tubuh kita berjalan lebih lambat.

Solusi lainya yaitu dengan cara melakukan kombinasi makanan karbohidrat yang kompleks, tujuanya supaya mampu menjaga ketersediaan kadar glukosa pada tubuh kita. Salah satu hal terpenting lagi supaya terhindar dari penyakit maag yaitu jangan sampai anda menunda-nunda waktu berbuka puasa anda.

#2. Gangguan Pencernaan

Selain penyakit maag, penyakit yang sering menimpa banyak orang yaitu terkait dengan adanya gangguan pencernaan. Hal ini sering dialami oleh banyak orang diakrenakan saat sahur maupun berbuka puasa kita sering makan secara berlebihan. Beberapa makanan yang sering menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan diantaranya seperti makanan berlemak, terlalu pedas, terlalu banyak makan gorengan, minuman banyak mengandung soda dan sejenisnya.

Solusi

Solusinya, kurangi makanan secara berlebihan khususnya seperti makanan yang tersebut diatas.

#3. Sembelit [Konstipasi]

Jangan anda sepelekan gangguan sembelit saat anda melakukan buang air besar. Apalagi saat sedang berpuasa, terlalu sering sembelit bisa-bisa memunculkan penyakit baru bernama wasir.

Saat sedang berpuasa, sembelit bisa menyerang mereka yang saat berbuka puasa maupun sahur selalu kekurangan cairan maupun terlalu banyak konsumsi makanan olahan, serta makanan yang tidak mengandung serat.

Solusi

Untuk mengatasi sembelit saat puasa, maka perbanyaklah makanan yang mengandung serat, banyak konsumsi air putih, serta hindari makanan-makanan olahan secara berlebihan.

#4. Pusing [Sakit kepala]

ilustrasi gambar; fitisme.comSaat bulan puasa datang, biasanya waktu tidur bisa berkurang. Hal ini mungkin dikarenakan saat puasa biasanya banyak melakukan kegiatan malam seperti sholat tarawih, tadarus Al-Qur’an di masjid, sholat tahajud, atau kegiatan kegamaan lainya.

Jika aktivitas tersebut diatas dilakukan secara berlebihan dan kurang mengatur waktu istirahat dan tidur yang cukup, maka biasanya pada siang hari bisa menyebabkan kepala terasa pusing.

Solusi

Solusinya supaya anda tidak mengalami sakit kepala dan pusing selama puasa, aturlah waktu ibadah malam anda dengan diimbangi istirahat dan tidur yang cukup sehingga saat berpuasa tubuh anda tetap segar dan bugar.

Semoga dengan lebih berhati-hati kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa perlu terganggu dengan ebrbagai jenis penyakit diatas.


TAGS Kesehatan /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda