5 Aplikasi Paling Banyak Menguras Kuota Internet Anda dan Solusinya

16 May 2016 - 08:21 WIB

Internet memang sudah menjadi kebutuhan yang saat ini mutlak harus ada dalam handphone kita. Apalagi untuk anda para netizen maupun mereka yang dalam profesi mereka memang membutuhkan koneksi internet, kebutuhan kuota internet di handphone harus selalu ada.

Bagi mereka yang berkantong tebal dan memiliki banyak uang untuk membeli kuoto internet dengan paket unlimited, mengakses internet bagi mereka tidak perlu ada kekhawatiran kehabisan kuota.

Bahkan bagi mereka yang punya duit banyak, mereka sepertinya tidak pernah memikirkan seberapa banyak mereka menggunakan kuota internet, karena di HP mereka kuota internet selalu ada dan unlimeted.

Namun bagi sebagian orang yang menganggap kuota internet dianggap masih mahal, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan cara menghemat penggunaan kuota internet mereka.

Namun terkadang beberapa pengguna internet ada yang tidak tahu cara menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

Dengan kondisi tersebut seringkali kita mendengar beberapa orang selalu bilang heran kenapa kok koneksi internet mereka cepat sekali habis, padahal mereka termasuk jarang menggunakan kuota internet di HP mereka.

Memang beberapa pengguna internet masih ada yang beranggapan jika mereka merasa jarang menggunakan koneksi internet mereka tapi pada kenyataanya kuota internet mereka cepat habis.

Jika anda juga termasuk mengalami hal yang demikian, maka anda perlu tahu bahwa mungkin penyebabnya adalah dikarenakan oleh beberapa aplikasi yang anda install di HP anda.

Karena anda memang harus tahu bahwa salah satu penyebab borosnya penggunaan kuota internet, diantaranya adalah karena penggunaan beberapa aplikasi yang memang terkenal menguras kuota internet anda.

Berikut ini saya mencoba mengelompokan 5 Aplikasi yang terkenal sangat menguras kuota internet anda berdasarkan pengalaman pribadi saya yang saya sertai solusinya di bagian akhir tulisan.

#1. Youtube

Jika di handphone anda sudah terinstall aplikasi youtube, maka jangan anggap walaupun anda termasuk jarang akses internet tapi jika anda beberapa kali menyaksikan video melalui youtube, maka bersiap-siaplah kuota internet anda akan tersedot habis. 

Penggunaan youtube perbandinganya berlipat-lipat lebih boros jika dibandingkan saat anda hanya mengakses gambar ukuran kecil apalagi hanya akses tulisan [text].

Jadi saran saya jika anda ingin menghemat kuota internet anda, maka jangan pernah akses aplikasi youtube. Tapi jika memang anda memiliki banyak kuota, silahkan saja akses sepuasnya video melalui youtube.

 

#2. Facebook

Nah, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang mungkin sering tanpa anda sadari mampu menyedot habis kuota internet anda tanpa anda sadari.

Ya, apalagi jika anda tidak menonaktifkan setting auto play video di facebook dan ditambah anda tidak menonaktifkan notifikasi di facebook, maka anda akan banyak kehilangan kuota internet tanpa anda sadari.

Terkait bagaimana cara menonaktifkan atau setting auto play video di timeline facebook anda, silahkan anda baca tutorialnya DISINI.

 

#3. Twitter

Twitter dan facebook hampir sama dengan aplikasi facebook dalam urusan sedot kuota internet anda.

Jika anda tidak menonaktifkan notifikasi dari aplikasi yang satu ini, maka anda harus siap-siap kehabisan kuota internet anda tanpa anda menyadarinya.

 

#4. Instagram

Aplikasi yang satu ini juga termasuk penyumbang borosnya kuota internet anda, karena di instagram sendiri memang berisi gambar dan video yang juga siap mengeruk kuota internet anda.

 

#5. WhatsApp

Aplikasi yang satu ini kadang dianggap enteng dan seolah-olah tidak terlalu memakan kuota internet anda. Tapi jangan salah, jika anda termasuk rutin menggunakan aplikasi yang satu ini, apalagi jika anda memiliki banyak obrolan group di WhatsApp, maka anda harus siap merelakan kuota internet anda cepat habis.

 

#Solusi

Saya tidak menyarankan supaya anda menghapus aplikasi yang saya sebut diatas, apalagi aplikasi tersebut diatas memang seolah sudah menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari.

Namun saran dan solusi saya agar anda tetap bisa hemat kuota internet anda walau menggunakan aplikasi tersebut, maka solusinya gunakanlah aplikasi tersebut saat anda butuhkan saja.

Saran saya, matikan semua setting auto play video di facebook dan semua notification di facebook, twitter, instagram, dan WhatsApp anda. Karena jika tidak anda nonaktifkan, maka setiap ada notifikasi dari facebook, twitter, instagram, dan whatssapp, maka selama itu pula koneksi internet anda akan terkuras terus menerus.

Solusi lain jika anda buka website dengan browser, matikan semua setting image dan javascript supaya tidak muncul sehingga anda bisa banyak menghemat kuota internet anda.

Jika anda ingin lebih menghemat lagi kuota internet anda, manfaatkanlah berbagai fasilitas hotspot area gratis yang saat ini semakin banyak berada di sekitar kita.

Semoga dengan sedikit tips diatas anda mampu lebih berhemat dalam menggunakan kuota internet anda.


TAGS Teknologi / Internet /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda