Hari Bumi: Saat Bumi Dirusak Penghuninya, Mari Kita Rawat Bumi Kita!

22 Apr 2016 - 07:47 WIB

ilustrasi gambar: walhiHari ini jika anda melihat Google Doodle, maka muncul disana tentang Hari Bumi 22 April 2016.

Bumi sebagai tempat yang begitu kecil jika dibandingkan seluruh alam raya yang maha luas ini merupakan tempat lahir dan hidup seluruh makhluk.

Tidak hanya milyaran umat manusia, di Bumi ini tinggal juga berbagai makhluk hidup lainya mulai hewan, tumbuhan, serta makhluk hidup yang mungkin hingga detik ini tak diketahui apa nama mereka serta dimana keberadaan emreka.

Namun yang pasti makhluk-makhluk hidup itu tentunya ingin menikmati kehidupan yang baik untuk menunjang kehidupan mereka.

Namun sayangnya, keberadaan bumi yang kita bijak saat ini telah banyak kerusakan dimana-mana.

Kita bisa melihat kerusakan di bumi ini dimulai dari kebakaran hutan, banjir, pencemaran air, tanah, udara, dan berbagai kerusakan lain yang itu semua hampir semuanya diakibatkan oleh ulah manusia.

Manusia di bumi inilah yang menjadi “Pimpinan” dari banyaknya makhluk hidup lain yang ada di muka bumi ini.

Sebagai pemimpin di muka bumi ini, maka manusia menjadi penentu apakah bumi ini akan menjadi semakin baik atau semakin rusak.

Hari Bumi dibuat tentunya juga bukan tanpa makna dan jangan hanya sebatas dijadikan ceremoni sesaat yang dirayakan tiap tahunya.

Peringatan Hari Bumi seharusnya menjadi perenungan serta evaluasi kesadaran manusia secara besar-besaran dan dengan keseriusan.

Marilah kita jadikan peringatan Hari Bumi ini untuk menyadari betapa pentingnya Bumi untuk seluruh makhluk hidup dan seluruh keturunan-keturunanya supaya mereka tetap hidup dari satu generasi menuju generasi selanjutnya.

Mari kita menyadari bahwa bumi ini bukanlah hanya untuk makhluk hidup yang ada saat ini saja.

Bumi yang kita pijak ini bukan hanya akan dinikmati untuk manusia di masa sekarang saja. Sebagaimana kita bisa menikmati bumi saat ini juga karena bumi ini sudah pernah dihuni dan dikelola oleh manusia sebelum generasi kita.

Jika manusia generasi sekarang ingin dikenang dalam generasi manusia selanjutnya beserta generasi keturunan makhluk hidup yang lainya, maka mulai hari ini, marilah kita jaga dan rawat bumi kita dengan sebaik-baiknya.

Untuk menjaga dan merawat bumi ini dengan baik bisa dimulai dari hal yang sederhana, misalnya jangan buang sampah sembarangan, biasakan menanam pohon, jangan bakar hutan, kurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan masih banyak hal-hal positif lainya supaya bumi ini tetap terjaga sehat, bersih, dan indah.

Dengan cara itu kita akan dikenang sebagai generasi manusia yang baik oleh generasi-generi umat manusia serta makhluk-makhluk hidup selanjutnya.

Selamat memperingati Hari Bumi 22 April 2016!


TAGS Peristiwa / Hari Bumi /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda