Cinta Kasih Terhadap Sesama Lebih Penting dari Perayaan Valentine

12 Feb 2016 - 10:10 WIB

Terkadang, bahkan bisa dikatakan sering kita lihat jika banyak orang itu memang suka yang namanya perayaan. Mulai dari perayaan hari ulang tahun, hingga perayaan hari-hari lain termasuk perayaan valentine.

Terkait budaya perayaan valentine sendiri memang sudah menjadi budaya dan perayaan yang selalu dirayakan tiap 14 Februari. Hari valentine juga disebut sebagai hari kasih sayang.

Perayaan hari raya Valentine untuk umat muslim dianggap sebagai budaya yang haram dirayakan, walaupun terkadang ada juga yang menganggap itu dibolehkan.

Namun saya disini juga tidak ingin membahas soal kontroversi tersebut karena saya bukanlah ahli soal agama.

Disini saya hanya ingin membuat catatan terkait perayaan seperti hari valentine maupun yang sejenisnya, menurut saya tidaklah begitu penting. Hal yang justru teramat sangat penting yaitu justru bagaimana kita bisa meningkatkan rasa cinta kasih terhadap sesama manusia dengan cara yang lebih manusiawi.

Saat ini begitu mudahnya kita melihat orang yang seolah perilaku mereka tidak menunjukan jiwa kasih sayang terhadap sesama manusia.

Hal tersebut bisa kita lihat dan temukan mulai dari aksi saling caci maki di sosial media, tawuran antar pelajar, buang bayi di tong sampah, membunuh bayi, bahkan membunuh sesama manusia yang terkadang hanya soal urusan yang remeh temeh.

Sungguh perbuatan-perbuatan tersebut sangatlah jauh dari yang namanya sikap dasar manusia yang membutuhkan cinta kasih antar sesama manusia yang satu dengan yang lainya.

Kepedulian terhadap sesama di sekitar kita terkadang juga sudah kita abaikan. Anda tentunya masih ingat dengan beberapa kasus warga yang sampai menanak batu untuk membohongi anaknya yang kelaparan.

Kabar tersebut kemudian baru terpublikasikan media yang akhirnya banyak orang membantunya.

Namun dari peristiwa tersebut kita bisa tersadarkan betapa lingkungan sekitar mungkin kurang peka dan kurang peduli sehingga di jaman yang sudah begini modern masih ada kisah tersebut.

Hilangnya rasa cinta kasih terhadap sesama ini tentunya harus terus disuarakan seheboh saat kita merayakan valentine atau hari-hari penting lainya.

Jangan sampai kita sibuk dan selalu begitu bersemangat merayakan perayaan-perayaan hari seperti valentine dan sejenisnya, tapi dalam kehidupan sehari-hari kita justru lupa untuk membiasakan diri agar lebih peduli terhadap sesama manusia.

Berbuat baik kepada sesama pada hakikatnya bukan saja kebutuhan mereka yang membutuhkan pertolongan saja, melainkan kita sebagai sesama manusia pada saatnya juga pasti membutuhkan kepedulian dan pertolongan orang lain.

Sesombong dan sehebat-hebatnya orang di muka bumi ini, tidak ada satupun makhluk yang bisa hidup sendirian tanpa pertolongan orang lain.

Jadi, Mari terus sebarkan dan budayakan cinta kasih untuk selalu peduli terhadap sesama yang bisa kita dimulai dari kepedulian terhadap teman, saudara, maupun tetangga kita yang membutuhkan.


TAGS Peristiwa /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda