4 Cara ini Mampu Atasi Anak yang Sulit Mandi

20 Jan 2016 - 10:34 WIB

ilustrasi gambar: gestacaobebe.com.brTerkadang yang namanya anak kecil seringkali membuat orang tua repot. Bahkan dalam hal urusan hal yang sepele sekalipun, perilaku anak terkadang membuat orang tua sampai dibuat marah.

Salah satu kebiasaan anak kecil yang sering sulit ditangani yaitu saat akan diajak mandi.

Walaupun terkadang memang justru ada juga perilaku anak yang justru begitu sudah bermain air tidak ingin berhenti berendam air, namun sebagian anak ada juga yang justru sangat sulit ketika diajak mandi oleh orang tuanya.

Untuk anda orang tua yang saat ini sudah memiliki bayi atau anak kecil yang sulit diajak mandi, berikut ini ada beberapa tips dan cara supaya bisa mengatasi masalah tersebut.

#1. Sediakan Mainan yang Disuka Anak

Namanya anak-anak, biasanya paling disukai adalah yang berbau dengan mainan. Nah, gunakan permainan-permainan yang anak anda sukai untuk dibawa juga ke bak mandi agar anak bisa sambil tetap bermain saat mandi.

 

#2. Berikan Pujian kepada Anak

Walaupun mungkin bayi atau anak kecil belum bisa memahami bahsa orang tua, tapi dengan diberikan pujian dan disayang-sayang terlebih dahulu, biasanya seorang anak kecil bisa merasakan ketulusan orang tuanya jika mandi bukanlah hal yang menakutkan.

 

#3. Berikan Tantangan yang Menyenangkan

Cara memberikan tantangan kepada anak biasanya dilakukan dengan memberikan tantangan yang ringan tapi tetap menyenangkan. Misalnya anda mencoba mengotori sedikit tangan anak anda dengan sedikit tanah atau pasir, lalu si anak ditantang atau ditanyakan gimana caranya membersihkan tanah atau pasir tersebut.

Nah, saat nanti si anak sudah mau mendekat ke air, disitulah kesempatan orang tua juga meyakinkan ke anak bahwa bermain air dengan mandi itu tidaklah menakutkan dan menyenangkan.

 

#4. Memberikan Peringatan yang Mendidik

Orang tua sebisa mungkin jangan sampai dalam memberikan peringatan kepada anak dengan cara berbohong. Karena itu bisa berpengaruh buruk kepada anak. Dalam memberikan peringatan yang mendidik bisa dengan cara misalnya dengan kalimat awas ya, kalau tidak mau mandi nanti badanya bau, badanya kotor, bahkan bisa membuat tubuh sakit, dan dengan kalimat yang sejenisnya tanpa harus berbohong.

Dari keempat cara tersebut semoga bisa memberikan manfaat untuk para orang tua yang biasanya sulit saat anak akan diajak mandi. Anda juga bisa menyesuaikan dengan pengalaman anda selama itu memang berhasil dengan cara yang positif.


TAGS Sosial /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda