3 Jenis Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Wajib Anda Coba

27 Nov 2015 - 08:16 WIB

Pernah tinggal selama lebih dari 10 tahun di Yogyakarta, rasanya memang takan bisa habis mengumpulkan sudah berapa banyak kuliner yang hadir di Yogyakarta.

Kota yang mendapat julukan kota pelajar ini memang layak untuk jadi menjamurnya bisnis kuliner.

Hal tersebut tentunya wajar karena market pasarnya yang rata-rata mahasiswa tentunya secara silih berganti mengisi kota Yogyakarta. Itu rtinya market juga selalu berganti-ganti sehingga seolah tanpa henti selalu siap menyerbu setiap ada wisata kuliner-kuliner baru di Yogyakarta.

Namun dari banyaknya wisata kuliner di Yogyakarta, maka saya memberikan beberapa rekomendasi yang mungkin bisa menjadi referensi tiap anda datang berkunjung ke Yogyakarta yang semakin Istimewa.

Saya yakin diantara pembaca nantinya akan memiliki kesan yang berbeda-beda mengenai informasi kuliner di Yogyakarta yang memang beragam macamnya.

Berikut ini meruakan Wisata Kuliner di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi,

#1. Angkringan Kopi Jos dekat Stasiun Tugu

gambar: koleksi pribadiYogyakarta dikenal dengan kuliner tradisional dan harga murahnya, Salah satu simbol kuliner di Yogyakarta tentunya menu makanan yang ada di Angkringan. Salah satu tempat berkumpulnya Angkringan di Yogyakarta yaitu di dekat Stasiun Tugu dan dekat sekali dengan Malioboro. Menu di angkringan ini yang paling terkenal dan unik yaitu adanya menu Kopi Jos.

Sebenarnya banyak titik lokasi yang menawarkan menu angkringan selain yang ada di dekat Malioboro ini, ada juga di depan kantor Kedaulatan Rakyat, ada juga di pinggiran kali Code, dan yang lainya.

 

#2. Gudeg

Untuk terkait kuliner gudeg, tentunya sudah pasti menjadi menu makanan selanjutnya khas Yogyakarta yang memang harus anda coba. 

Saya sendiri merekomendasikan carilah warung Gudeg yang sudah memiliki banyak pelanggan yang itu artinya secara kwalitas rasa mereka sudah tidak diragukan lagi. 

Beberapa Gudeg Yogya yang paling terkenal diantaranya yaitu Gudeg Yu Djum, Gudeg Pawon, Gudeg Kendil Bu Tjitro, dan yang lainya. Untuk yang ingin tahu alamatnya cukup googling dijamin dah langsung ketemu.

 

#3. Sate Klethek, Balungan, dan Tongseng

gambar: koleksi pribadiUntuk menu yag satu ini saya pernah membuat postingan khusus tentang kuliner yang satu ini. Jika anda ingin merasakan sensasi sate klathak ini, datang saja ke Bantul. Kalau dari terminal Bus Giwangan, anda lurus ikuti saja jalan ke arah selatan, nanti di sepanjang jalan tersebut anda akan dengan mudah menemukan banyak penjual sate klathak lengkap dengan tongseng dan balunganya.

Untuk rekomendasi mana yang paling enak dan nikmat, lagi-lagi ini soal selera dan disini saya tidak berani sebut merk :-)

Silahkan anda datangi saja atau googling saja dimana yang paling rame, biasanya itulah yang paling nikmat dan lezat.

Saya pikir 3 jenis makanan itulah yang memang tidak boleh anda lewatkan jika anda datang ke Yogyakarta. Kalau wisata kuliner yang lain menurut saya biasa-biasa saja dan bisa dengan mudah ditemukan di daerah lain.

Saat anda berwisata kuliner, jangan hanya mengandalkan bacaan referensi saja melainkan perlu anda bandingkan dan rasakan berkali-kali untuk bisa menguji rasa dari sebuah kuliner.

Saya sendiri pernah iseng memberikan oleh-oleh Gudeg ternama di Yogyakarta yang satu porsinya seharga diatas Rp 55 ribu. Saya sengaja tidak menyebutkan darimana gudeg tersebut saya dapat dengan tujuan memang ingin menguji kwalitas rasanya.

Ternyata ketika saya tanya soal rasanya, Ibu saya berkomentar jika gudegnya kurang enak dan masih enak gudeg langganan Ibu saya yang kalau beli harganya cukup Rp 7500,- per porsinya :-D


TAGS Kuliner /

Comment

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda