Samsung Galaxy S6 Edge, Kesempurnaan SmartPhone Masa Depan

19 May 2015 - 02:14 WIB

Samsung Galaxy S6 Edge: Kecanggihan, Kemewahan, dan Kekuatan  yang Berbalut Seni Keindahan Berkelas Dunia

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge membuat semua orang ingin memilikinya, termasuk saya :-)  |gambar: samsung.comBicara kemajuan, kecanggihan tentang Smartphone, kita langsung ingat yang namanya produk-produk SmartPhone dari Samsung. Hampir semua produk-produk SmartPhone Samsung selalu laris manis diserbu pecinta Smartphone di seluruh penjuru dunia. Jangan heran jika Samsung merupakan salah satu perusahaan terbesar yang selalu melahirkan teknologi smartphone ponsel terbaik di dunia. Salah satu produk Smartphone terbaru dari Samsung yang begitu mengagumkan yaitu Samsung Galaxy S6 Edge.

Samsung Galaxy S6 Edge yang baru-baru ini dirilis di Barcelona Spanyol [1/3/2015] di ajang Mobile World Congress mengusung tema “The Next Smartphone Perpaduan Keindahan Desain dan Kekuatan Teknologi”.

Agar anda semakin lebih banyak tahu tentang kedahsyatan dari Samsung Galaxy S6 Edge yang begitu canggih, indah dan sangat mengagumkan ini, melalui tulisan ini secara khusus saya akan membuat reviews lengkap terkait dengan Spesifikasi dan Fitur Lengkap dari Samsung Galaxy S6 Edge yang membuat siapapun ingin memilikinya.

Dengan mengetahui secara lengkap dari sebuah produk, diharapkan nantinya kita dalam membeli tidak hanya tertipu oleh promosi saja, tapi anda juga bisa melihat kwalitasnya yang sudah teruji atau belum.

Material Samsung Galaxy S6 Edge

Sebelum kita tahu banyak tentang fitur-fitur canggih dari smartphone  Samsung Galaxy S6 Edge ini, yang wajib anda ketahui terlebih dahulu tentunya terkait dengan material dari Samsung Galaxy S6 Edge ini. Hal ini penting karena material ini sangat menentukan kwalitas dari sebuah produk termasuk produk-produk smartphone termasuk material dari  Samsung Galaxy S6 Edge ini.

Material dari  Samsung Galaxy S6 Edge dibuat dengan bahan yang berbeda dari produk sebelumnya yang berbahan polikarbonat. Samsung Galaxy S6 Edge ini terbuat dari bahan logam yang dipadukan dengan paduan kaca panel Corning Gorilla Glass 4 yang semuanya membalut seluruh bodi Samsung Galaxy S6 Edge.

Dengan bahan-bahan yang sungguh dijamin kwalitasnya tersebut, maka secara fisik bodi dari Samsung Galaxy S6 Edge ini akan terjamin kwalitasnya sehingga akan kuat, dan anti gores.

Bahkan hal ini sudah dibuktikan dengan kwalitas bahan yang begitu berkwalitas tersebut, Samsung Galaxy S6 Edge tidak mempan disayat-sayat dengan pisau tajam. Yang mengagumkan dan mencengangkan lagi, Layar Samsung Galaxy S6 Edge dipukul dengan menggunakan palu sekalipun juga tidak pecah apalagi hancur, sama sekali tidak mempan. Karena kwalitas bahanya yang sudah teruji tersebut, maka anda tidak perlu khawatir jika nanti hanya cuma jatuh biasa atau terbanting, Samsung Galaxy S6 Edge anda akan tetap aman.

Melihat ujicoba dalam video tersebut diatas anda belum puas?

Anda ingin buktinya yang lebih bikin puas dan bikin terkagum-klagum lagi?

Nih, saya punya Video pembuktianya lagi yang lebih mengagumkan, silahkan ditonton sambil senyum-senyum video yang sudah ditonton jutaan orang di seluruh penjuru dunia ini. anda tentunya akan dibuat terkagum-kagum dengan kwalitas terkait dengan kwalitas dari bahan material Samsung Galaxy S6 Edge dibawah ini.

Dalam tayangan video diatas bisa dinilai betapa kokohnya bahan material dari Samsung Galaxy S6 Edge sehingga untuk mengujinya dan sejauhmana kwalitas bahan tersebut terjamin dan berkwalitas harus dengan cara dipukul dengan teramat sangat keras dan berkali-kali bahkan sampai mejanya hancur. Dengan tayangan video pembuktian tersebut diatas tentunya membuktikan jika dipukul menggunakan palu sekeras itu saja sulit sekali dihancurkan, apalagi jika hanya terjatuh atau dibanting, atau keinjak sekalipun, Smartphone Samsung Galaxy S6 Edge akan tetap aman.

Operating System dan Memory

Jika anda sudah mengetahui kwalitas bahan dan materialnya [Hardware]nya diatas, maka biar anda semakin terkagum-kagum dengan kedahsyatan dari Samsung Galaxy S6 Edge ini yaitu kita harus tahu nih Operating System apa yang digunakan dan seberapa cepat kinerja dari Samsung Galaxy S6 Edge ini.

Dari tampilanya saja, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge terlihat mewah dan berkelas  |gambar: samsung.com

Samsung Galaxy S6 Edge sudah menggunakan Android OS, v5.0.2 [Lollipop] yang dijamin yang tercepat dan yang terbaik saat ini. Peforma dan kwalitas dari processor Samsung Galaxy S6 memang sudah dibuktikan dan terbukti sebagai prosesor tercepat di dunia yaitu dengan skor antutu benchmark yang sangat mengagumkan yaitu mencapai 68 Ribu.

Untuk mempercepat kinerja dari Samsung Galaxy S6 Edge ini, maka Samsung juga menambahkan Chipset Exynos 7420 pada smartphonne andalan terbarunya Samsung Galaxy S6 Edge ini. Chipset Exynos 7420 ini dibuat dengan teknologi terbaru yaitu dengan 14nm FinFET. Tidak hanya itu saja, Samsung Galaxy S6 Edge sudah menggunakan processor Octa Core 2 inti yang kecepatanya sudah tidak diragukan lagi karena sudah dengan kecepatan  Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57.

Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge semakin sempurna karena Samsung Galaxy S6 Edge ini sudah menggunakan Ram 3 GB LPDDR4 dan didukung dengan pengolahan grafis Mali-T760. Untuk memori internalnya sendiri Samsung Galaxy S6 Edge menyediakan beberapa kelas yaitu mulai dari memory internal yang 32 GB, 64 GB, dan yang tertinggi mencapai 128 GB. Tentunya perbedaan internal memory tersebut ikut membedakan harga antara yang satu dengan yang lainya.

Dengan fitur-fitur tersebut diatas, anda sudah tidak perlu lagi khawatir lagi terkait kecepatan dan kinerja dari Samsung Galaxy S6 Edge ini.

Dengan fitur yang secanggih itu juga, tentunya anda bisa dengan sepuas-puasnya melakukan aktifitas browsing, bermain game, nonton film, dan yang lainya dengan kinerja yang sangat cepat dan tercepat di dunia saat ini.

Sebuah Karya Desain yang Sangat Mengagumkan, Lebih dari Sebuah Keindahan

Desain Samsung GALAXY S6 dan Samsung GALAXY S6 Edge ini juga merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan desain layar lengkung yang terletak pada kedua sisi layar. Dengan desain yang begitu mengagumkan ini, tidak berlebihan jika siapapun yang melihatnya akan selalu dibuat terpukau karenanya |gambar: samsung.com

Jika sebuah smartphone secara bahan material sudah bagus dan teruji kwalitasnya, engine yang digunakan didalamnya juga sangat canggih, Tapi itu saja belum cukup. Ada satu halk lain lagi yang harus dibutuhkan untuk sebuah smartphone yang dianggap sempurna, yaitu desain.

Desain dari Smartphone Samsung GALAXY S6 Edge ini sungguh sangat mengagumkan

Terkait desain dari Smartphone Samsung GALAXY S6 Edge ini sungguh mengagumkan.

Dibalik desain yang sangat indah nan paling inovatif serta sangat mengagumkan dari Smartphone Samsung GALAXY S6 Edge ini, didalamnya ada kecanggihan, kekuatan yang sudah teruji dan terbukti kwalitasnya.

Dengan tema desain Unibody Samsung GALAXY S6 Edge  terlihat sangat mewah, apik, tipis, dan tetap tangguh. Dengan keindahan desain dari Samsung GALAXY S6 Edge juga membuat sangat nyaman untuk digenggam.

Desain Samsung GALAXY S6 Edge ini juga merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan desain layar lengkung yang terletak pada kedua sisi layar. Dengan desain yang begitu mengagumkan ini, tidak berlebihan jika siapapun yang melihatnya akan selalu dibuat terpukau karenanya.

Profesional Kamera dan Video Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

 

Dengan kamera utama [belakang] 16 MP dengan resolusinya hingga 3456 x 4608 pixels, dan dengan 5 MP untuk kamera depan, itu sudah lebih dari sangat baik untuk memenuhi kebutuhan narsis dan selfie anda. Dan fitur mengagumkan tersebut, untuk saat ini takan anda dapatkan pada smartphone lain |gambar: samsung.com

Bahan material [Hardware] sudah tahu, kemudian terkait kecepatan dan memory serta prosesornya juga sudah tahu, desaign keindahanya yang sangat mengagumkan juga sudah anda lihat. Maka selanjutnya yang paling penting lagi selain itu semua yaitu terkait kamera. Dimana saat ini dalam sebuah Smartphone adalah kebutuhan yang mutlak dibutuhkan dan diperlukan serta diprioritaskan.

Jangan khwatir, untuk anda yang suka selfie dan narsis atau sering melakukan traveling dan berwisata, Samsung Galaxy S6 Edge ini sudah didukung dengan kamera belakang mencapai 16 MP dengan resolusinya hingga 3456 x 4608 pixels.

Samsung Galaxy S6 Edge sudah dilengaki dengan fitur optical image stabilization (OIS), autofocus, serta LED Flash. Untuk Kamera depannya sendiri, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini sudah didukung dengan kamera 5 MP yang sudah dilengkapi dengan fitur Auto HDR, OIS, serta dual video call yang bisa digunakan untuk melakukan video call. Karena kecanggihan kameranya ini, saat ini kamera yang ada di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini disebut sebagai kamera ponsel terbaik di dunia.

Di dalam kamera Samsung Galaxy S6 Edge  ini juga dilengkapi dengan fitur lainya seperti panorama, Geo-tagging, face detection, Auto HDR,  touch focus, serta didukung dengan Video 2160p@30fps, 1080p@60fps, 720p@120fps, HDR, dual-video rec.

Kekaguman anda belum berhenti sampai disitu saja, karena ternyata kamera Samsung Galaxy S6 Edge ini juga memiliki fitur canggih lainya. Fitur canggih yang dimaksud yaitu fitur Quick Launch. Dengan fitur canggih ini, anda hanya membutuhkan waktu 0,7 detik untuk membuka posisi tombol terkunci hanya dengan cara double tap pada menu home yang ada.

Sederhananya begini, misalnya posisi smartphone Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini pada posisi terkunci, sedangkan anda ingin memotret sesuatu, maka waktu yang anda butuhkan untuk membuka fitur camera anda, waktunya hanya 0,7 detik. Dengan kecepatan yang begitu canggih ini, tentunya tidak akan ditemukan pada smartphone yang lainya.

Dengan bekal kamera yang begitu sempurna di dalam smartphone Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, serasa anda tidak perlu khwatir jika berlibur atau melakukan perjalanan travelling tanpa kamera DSLR sekalipun.

Ukuran Layar, Kwalitas Baterai dan Fitur Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Ukuran Layar Samsung Galaxy S6 dan S6 EdgeUkuran layar untuk Samsung Galaxy S6 Edge ini sangat disukai banyak orang karena ukuranya 5.1 inch |gambar: samsung.com

Ukuran layar dari Samsung Galaxy S6 Edge menggunakan ukuran yang sangat disuka banyak orang yaitu ukuran layar 5.1 inch. Dengan ukuran tersebut, Samsung Galaxy S6 Edge sangat mudah dipegang dan sangat nyaman karena tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.
Baterai Samsung Galaxy S6 Edge

Baterai Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Proses pengisian baterai Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge ini hanya butuh 10 menit untuk penggunaan sekitar 4 jam menggunakan teknologi Ultra Fast Charging |gambar: samsung.com

Hal yang tidak kalah penting lagi dari sebuah smartphone canggih tentunya terkait dengan kwalitas baterai. Samsung sadar betul akan hal ini sehingga dalam produk smartphone Samsung Galaxy S6 Edge ini teknologi baterainya sudah dibekali dengan baterai Li-Ion dengan ukuran 2600 mah.

Dengan teknologinya ini, Samsung Galaxy S6 Edge mampu melakukan pengisian baterai dengan sangat cepat [Ultra Fast Charging]. Begitu cepatnya, pengisian baterai untuk Samsung Galaxy S6 Edge ini hanya butuh 10 menit untuk penggunaan sekitar 4 jam.

Itu artinya dengan teknologi Ultra Fast Charging ini, permasalahan terkait baterai yang sering anda alami ketika menggunakan smartphone lain tidak akan anda alami ketika memiliki Samsung Galaxy S6 Edge ini.

Tidak hanya menggunakan Ultra fast charging, baterai yang ada di Samsung Galaxy S6 Edge juga sudah didukung dengan teknologi wireless charging yaitu sebuah alat khusus untuk melakukan charging baterai tanpa menggunakan kabel melainkan hanya menggunakan wireless yaitu dengan menggunakan docking khusus.

Fitur-fitur Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Salah satu fitur yang akan membuat pengguna Samsung Galaxy S6 ini terpuaskan yaitu adanya salah satu fitur yang disebut dengan One Click Content Sharing. Dengan menggunakan fitur One Click Content Sharing ini, anda bisa menonton film yang ada di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge kemudian di sharing ke layar televisi anda ataupun sebaliknya.

Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa menonton film yang ada di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge kemudian di sharing ke layar televisi anda ataupun sebaliknya. |gambar: samsung.com

Caranya cukup dengan sentuhan di fitur One Click Content Sharing atau istilahnya dengan melakukan pairing dengan menggunakan Bluetooth Low Energy yang ada di Samsung Galaxy S6 Edge ditampilkan melalui Samsung Smart TV.

Saat ini untuk fitur yang satu ini baru bisa dinikmati untuk anda yang memiliki Smart TV dengan seri Samsung H5500 atau type dan model TV generasi selanjutnya [yang lebih canggih]

Fitur-fitur lain yang tidak kalah penting yang ada di Samsung Galaxy S6 Edge yaitu fitur sidik jari yang berfungsi sebagai keamanan.

Secara lebih rinci fitur-fitur tambahan lain yang ada di Samsung Galaxy S6 Edge antara lain; Ultra Fast Charging, Wireless charging, Smart stay, Smart pause, Smart scroll, Air gestures, OneDrive (115 GB cloud storage), Fingerprint sensor (PayPal certified),  Samsung Pay (Visa, MasterCard certified).

Kekurangan Samsung Galaxy S6 Edge

Dalam melakukan reviews sebuah produk, saya tidak ingin hanya bicara sisi baiknya saja, karena tidak ada satu produk buatan manusia di dunia ini yang sempurna.

Nah, demikian juga termasuk dalam produk smartphone Samsung Galaxy S6 Edge ini. Walaupun memang kelebihanya begitu sangat banyak, namun tetap saja produk smartphone Samsung Galaxy S6 Edge ini juga memiliki kekurangan.

Beberapa kekurangan yang saya maksud memang hanya sedikit saja, yaitu terletak pada tidak disediakanya memory ekternal pada smartphone Samsung Galaxy S6 Edge, Itu artinya kita tidak bisa menambahkan memory external kedalam Samsung Galaxy S6 Edge ini. Itu artinya, kita hanya bisa memilih smartphone Samsung Galaxy S6 Edge yang ssudah diproduksi oleh pihak Samsung. Pilihan dari Samsung Galaxy S6 Edge ini sendiri terdiri dari Samsung Galaxy S6 Edge dengan memory internal 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Namun memang untuk saat ini, dengan memory sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk sebuah memory di dalam sebuah smartphone.

Kekurangan Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge lainya yaitu tidak dilengkapinya sertifikat IP67 pada Samsung Galaxy S6 Edge sebagaimana pada produk Samsung yang lain yaitu pada Samsung Galaxy S5 yang sudah memegang sertifikat IP67. Untuk apa itu sertifikat IP67?

Sebagaimana sudah banyak diketahui bahwa sertifikat IP67 menunjukan kwalitas suatu produk bahwa produk tersebut tahan air. Tapi walaupun tidak dilengkapi sertifikat IP67, yang mengagumkan lagi adalah beberapa ahli dan konsumen menguji merendam Samsung Galaxy S6 Edge di dalam air, hingga hampir satu jam Samsung Galaxy S6 Edge tetap hidup dan tidak mati yang tentunya masih bisa dipakai. Jadi kalau misal hanya kehujanan atau jatuh ke air hanya beberapa menit saja, tentunya smartphone ini masih tetap aman.

Untuk melihat ujicoba Samsung Galaxy S6 Edge direndam di dalam air bisa anda lihat di tayangan video berikut ini:

Hal lain yang menurut saya anggap sebagai salah satu kekurangan dari Samsung Galaxy S6 Edge yaitu dalam urusan Baterai. Dimana dalam baterai yang ada di Samsung Galaxy S6 Edge ini ternyata tidak bisa kita lepas karena ponsel ini diciptakan dengan bentuk desan unibody yang sangat tipis. Dengan kondisi ini tentunya sewaktu-waktu baterai mengalami drop, kita tidak mampu menggantinya. Namun untuk yang ini anda tidak perlu khawatir karena terkait kwalitas baterai dari Samsung Galaxy S6 ini memang sudah tidak diragukan lagi kwalitasnya yang dijamin awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun.

Harga Samsung Galaxy S6 Edge

Setelah anda tahu kecanggihan dan kemewahan serta melihat berbagai keindahan yang ada pada Samsung Galaxy S6 Edge diatas, tentunya hal yang tidak kalah penting yang ingin anda ketahui yaitu terkait harga Samsung Galaxy S6 Edge ini. Terkait harga Samsung Galaxy S6 Edge ini yang harus anda tahu adalah adanya istilah “Ada Harga, Ada Rupa”.

Untuk di Indonesia, harga Samsung Galaxy S6 Edge dijual dengan beberapa spesifikasi tergantung jenis klasnya, adapun rincian harga Samsung Galaxy S6 Edge yaitu sebagai berikut:

  • Harga Samsung Galaxy S6 Edge [32 GB] dijual dengan harga sekitar : 849 Euro  sekitar Rp 12,3 Juta
  • Harga Samsung Galaxy S6 Edge [64 GB] dijual dengan harga sekitar : 949 Euro  sekitar Rp 13,7 Juta
  • Harga Samsung Galaxy S6 Edge [128 GB] dijual dengan harga sekitar : 1.049 Euro  sekitar Rp 15,2 Juta [sumber harga: tabloidpulsa.co.id]

#Harga tersebut tentunya sewaktu-waktu bisa berubah, bisa lebih murah ataupun lebih mahal.

Sebenarnya masih banyak sekali untuk menggambarkan kecanggihan, dan keindahan serta kedahsyatan dari fitur-fitur yang ada di smartphone Samsung Galaxy S6 Edge ini.

Namun saya pikir dengan memperhatikan kelebihan dan kedahsyatan yang mengagumkan mulai dari bahan materialnya, prosesornya, RAMnya, hardisk internalnya, camera dan videonya, serta fitur-fitur yang luar biasa lainya  tersebut diatas, anda sudah bisa menguji seberapa berkwalitaskah smartphone yang akan anda beli nantinya. Walaupun ada beberapa kekuranganya, kekurangan yang ada hanya sedikit sekali dari buanyaknya kelebihan dan kecanggihan dari Samsung Galaxy S6 Edge.

Saya juga menegaskan lagi kenapa saya juga mereviews juga terkait dengan kekurangan dari Samsung Galaxy S6 Edge. Hal ini dengan tujuan agar anda ketika membeli sebuah produk, jangan hanya melihat kelebihanya saja sehingga nanti ketika ada kekuranganya, anda akan kecewa.

Namun ketika sudah melihat secara utuh antara kelebihan dan kekuranganya, anda tidak perlu lagi kecewa karena kekuranganya yang ada itu sama sekali tidak merugikan anda.

Terlebih jika kekurangan-kekurangan yang saya sebut diatas itu memang tidak penting bagi anda, maka itu artinya, anda akan semakin yakin dan semakin puas akan kwalitas sebuah produk smartphone.

Misalnya saya tadi menyebutkan kekurangan dari Samsung Galaxy S6 Edge yang belum memegang sertifikat IP67 yang mampu digunakan hingga berjam-jam di dalam air, akan tetapi anda memang tidak membutuhkan Samsung Galaxy S6 Edge untuk berjam-jam anda gunakan di dalam air, tentunya kekurangan yang saya maksud itu bukanlah kekurangan menurut anda yang memang tidak pernah menggunakan smartphone di dalam air hingga berjam-jam.

Jika seperti itu halnya, maka itu berarti bahwa kwalitas dari Samsung Galaxy S6 Edge ini memang luar biasa dan sungguh mengagumkan dan benar-benar smartphone impian masa kini dan masa depan.

Samsung Galaxy S6 Edge ini memang sangat mengagumkan. Tidak heran jika setiap orang ingin memilikinya, mulai dari para pemilik blog yang menamakan diri mereka sebagai seorang blogger, pengusaha, pegawai, atau orang biasa sebatas orang kampung seperti saya ini juga termasuk orang yang tentunya juga ingin memilikinya :-)


TAGS Samsung Galaxy S6 Edge / Harga Samsung Galaxy S6 Edge / Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge / Samsung Galaxy S6 / Harga Samsung Galaxy S6 /

Mohon maaf, komentar saya nonaktifkan....

#Kumpulan Artikel Seputar Sepeda